LITERATUR REVIEW: HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Mega Surya Agustin Universitas Negeri Surabaya
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya
  • Fendi Achmad Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

pencapaian pembelajaran, minat belajar, hasil belajar siswa

Abstract

Keberhasilan proses belajardi sekolah bisadilihat dari pencapaian hasil belajar siswa, yang terpengaruh oleh berbagai faktor dari dalam maupun luar. Studi ini memusatkan perhatian pada faktor dari dalam, yaitu minat belajar siswa sejauh mana mempengaruhi hasil belajar. Minat belajar dapat dievaluasi melalui indikator –indikator dan peneliti menggunakan aspek empat dimensi: perasaan senang, perhatian siswa, ketertarikan, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Indikator hasil belajar peneliti menggunakan tiga aspek kognitif, psikomotor, dan afektif. Siswa dengan minat belajar yang tinggi cenderung menunjukkan kemandirian lebih besar dan lebih aktif dalam proses pembelajaran, serta berusaha lebih untuk memahami materi yang sedang dipelajari. Hal ini mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik, baik dalam aspek kognitif yang tampak melalui nilai ujian, maupun dalam aspek psikomotor dan afektif, yang tercermin dalam perbaikan perilaku siswa setelah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar berdasarkan tinjauan studi literatur yang ada. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode analisis deskriptif melalui studi literatur. Penelitian ini melibatkan dua variabel, yaitu minat belajar dan hasil belajar. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari jurnal-jurnal relevan yang diakses melalui google scholar. Berdasarkan hasil penelitian jurnal, dapat disimpulkan bahwa minat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan. Semakin besar minat siswa terhadap suatu pelajaran, maka semakin tinggi motivasi untuk belajar lebih tekun, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar termasuk nilai ujian dalam mata pelajaran tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-24

How to Cite

Agustin, M. S., Sumbawati, M. S., Kholis, N., & Achmad, F. (2024). LITERATUR REVIEW: HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 14(02), 113–118. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/63109
Abstract views: 169 , PDF Downloads: 137