Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima di SMKN 3 Surabaya

  • Alunanda Samanthis . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Edy Sulistyo . Jurusan Teknik Elektro FT UNESAtyo

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan keterampilan praktik seutuhnya pada siswa sekolah kejuruan dengan menerapkan model project based learning pada proses belajar mengajar. Dengan adanya model project based learning ini, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam standar kompetensi memperbaiki radio penerima.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Langkah-langkah pada penelitian pengembangan ini ada 4 (empat) tahapan yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate).

Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan pada model Project Based Learning dinyatakan baik dengan hasil rating 72,12% dan respon siswa terhadap pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model project based learning dinyatakan baik dengan hasil rating 75,22%. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 75,1493 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 69,2893. Sedangkan perhitungan secara statistika menggunakan uji-t pada software SPSS 16 didapat nilai t hitung 4,038 dan t tabel 2,00 pada taraf signifikan 5% (0,05). Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model project based learning mempunyai nilai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran tradisional.

 

Kata Kunci: Model Project Based Learning, Perangkat pembelajaran, Penelitian pengembangan (4-D Model), Hasil belajar.

 

Abstract

The purpose of this study is to provide complete practice skills at vocational school students to apply the model of project based learning in the teaching learning process. With the model of project based learning is expected to enhance student learning outcomes improve in the competency standard  fix radio receiver.

The research method used is development research using 4-D models. There are four (4) phases, namely Definition (Define), Design (Design), Development (Develop), and Deployment (Disseminate).

Validation results show that the learning equipment using project based learning of otherwise well with results of 72,12% rating and the students response to the development of learning equipment using project based learning model otherwise well with the results of 75,22% rating. Average student learning outcomes in the experimental class at 75,1493 and the average value control class is 69,2893. While calculations of the statistical t-test using SPSS 16 software obtained t value and t table value is 4,038 and 2,00 at significant level of 5% (0,05). Based on the above results, it can be concluded that the class used development of learning equipment project based learning model has a value of better learning outcomes than the class that used the traditional learning model.

Keywords: Project Based Learning, Learning of Equipment, Research of Development (4-D Models), Results of Development.


Author Biographies

Alunanda Samanthis ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Edy Sulistyo ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESAtyo
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
., A., & ., E. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima di SMKN 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 50