Pengaruh Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika di SMKN 3 Jombang

  • Elvano Resky Pradana Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika.

Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dalam penelitian ini rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-TEI A sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dan kelas X-TEI B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan strategi Rotating Trio Exchange. Kemudian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan uji-t.

Dari hasil penelitian diperoleh: (1) Berdasarkan hasil analisis nilai hasil belajar dengan uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. (2) Berdasarkan analisis nilai hasil belajar dengan uji-t satu pihak diperoleh Thitung= 5,047 > Ttabel= 1,67 (α = 0,05) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe STAD, strategi Rotating Trio Exchange, hasil belajar.

Abstract

The research aims is to determine a learning outcomes of students that use cooperative learning type Student Team Achievement Division (STAD) with learning strategy Rotating Trio Exchange on competence of standard applying basic of electronics

This type of research is a quasi experiment. This research uses Nonequivalent Control Group Design. The subjects in this study are students of class X-TEI A as the control class using cooperative learning type Student Team Achievement Division and class X-TEI B as an experimental class using cooperative learning type Student Team Achievement Division with Rotating Trio Exchange strategy. Then to know differences in student’s achievement between the students from experiment class and control class, we do a T-test.

Some results are obtained from the research : ( 1 ) Based on the results of the analysis of score of student’s achievement by tests of normality and homogeneity, it is discovered that the two classes are normally distributed and homogeneous. ( 2 ) Based on the analysis of the score of student’s achievement by one side T-test, it is obtained Tcount= 5,047 > Ttable= 1,67 (α = 0,05),  which indicates that the achievement of students in the experimental class is better than the ones in control class.

Keywords: cooperative learning model STAD, Rotating Trio Exchange strategy, student’s achievement.


 

Author Biographies

Elvano Resky Pradana, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
Pradana, E., & Asto B, I. G. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika di SMKN 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 28