PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN METODE EXPANDING PANEL PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN INSTALASI SOUND SYSTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Wachid Shobirin . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Joko . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran metode expanding panel. Subyek penelitian kelas X TAV di SMKN 2 Surabaya dan dilaksanakan pada tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D), dengan rancangan penelitian “nonequivalent control group design”. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk validasi ahli terhadap perangkat pembelajaran, tes hasil belajar siswa dan angket respon siswa. Hasil validasi ahli dianalisis dengan rating persentase, perbedaan rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dianalisis dengan uji-t serta hasil respon siswa dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data, menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi perangkat pembelajaran expanding panel yang dikembangkan memiliki persentase rata-rata sebesar 78,69% atau kategori baik dan layak digunakan; (2) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran expanding panel dengan rata-rata 82,15 dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional dengan rata-rata 76,66; dan (3) respon siswa terhadap metode pembelajaran expanding panel menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara keseluruhan adalah positif atau dalam kategori menarik (baik) dengan rata-rata persentase 81,89 %.

 

Kata kunci : Pengembangan, perangkat pembelajaran, expanding panel, hasil belajar, dan respon positif.

 

 

Abstract

 

This research intent to develop learning peripheral methodic expanding panel.The research target X TAV at SMKN 2 Surabaya school years 2012 /2013. Type of research is a Research and Development(R &D), there research design"nonequivalent control group design". Methods of data collection is done through expert validation of the questionnaire for the study, tests student learning and student questionnaire responses. The results were analyzed with validation expert rating percentages, difference in learning outcomes and classroom control classroom experiment were analyzed by t-test and the results of student responses were analyzed by quantitative descriptive analysis. The results of the data analysis, show that : (1) the results of the validation study developed expanding panel has an average percentage of 78.69 % or better category and fit for use, (2) there are significant differences in learning students who learned with the learning method expanding panel with an average 82.15 compared to the learning outcomes of students who learned with the conventional method with an average 76.66 and (3) students' response to expanding learning method uses a panel developed a learning device as a whole is positive or category draw (well) with an average percentage of 81.89 % .

 

Keyword: Development, learning peripheral, expanding panel, learned result, and positive response.

 

 

Author Biographies

Wachid Shobirin ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Joko . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
., W., & ., J. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN METODE EXPANDING PANEL PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN INSTALASI SOUND SYSTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 25