Pengaruh Pembelajaran Aktif Dengan Strategi Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Melakukan Install Home Theater Di Smk Negeri 2 Surabaya
Abstract
Abstrak
Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat, di mana dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif dan bosan. Oleh karena itu dibutuhkan pengembangan model pembelajaran antara lain model pembelajaran aktif Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif dengan strategi teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan install home theater.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian experimental, dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dan desain grup the nonequivalent control group design. Sampel dikelompokkan menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran aktif dengan strategi teka-teki silang, sedangkan kelas kontrol mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Tes dilakukan sebelum (pre-test) dan sesudah perlakuan (post-test). Pre-test berfungsi untuk mengukur seberapa besar kemampuan awal sampel dan post-test berfungsi untuk mengukur hasil belajar sampel setelah diberikan perlakuan.
Dari hasil penelitian yang diperoleh yaitu Dari hasil belajar siswa diperoleh thitung sebesar 2,668 dan nilai ttabel 1,671 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil tersebut didapat bahwa nilai thitung > ttabel, sehingga disimpulkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif dengan strategi teka-teki silang lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan rata-rata hasil belajar untuk kelas eksperimen X AV-1 adalah 80,64 dan kelas kontrol X AV-2 adalah 76,60. Kemudian dari hasil analisis pada lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran didapat bahwa keterlaksanaan pembelajaran aktif dengan strategi teka-teki silang adalah baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif dengan strategi teka-teki silang layak digunakan, serta dapat dijadikan alternatif dalam proses belajar mengajar yang lebih menarik, variatif dan dinamis.
Kata kunci : model pembelajaran aktif, strategi teka-teki silang, hasil belajar, melakukan install home theater.
Abstract
Either causes of the low learning achievement is uses of learning model that not proper, where in the process of learning students tends to be passively and bored. Therefore required learning model development, one of it is active learning model. The purpose of this research was to know the influence of active learning model with crosswords strategy toward students learning achievement on standard competence of home theater installation.
This research included on experimental research type, with research design of Quasi Experimental Design and nonequivalent control group design. Samples grouped as two classrooms, experiment classroom and control classroom. The experiment classroom obtained treatment using active learning model with crosswords strategy, while control classroom obtained treatment using cooperative learning model type of STAD. Test performed before treatment (pre-test) and after treatment (post-test). Pre-test was functioned to scale how great former competence of samples and post-test functioned to scale learning achievement of samples after given treatment.
Result of the research obtained that from students learning achievement obtained tcalculation was 2.668 and ttable was 1.671 at significance α = 0.05. From that result obtained tcalculation > ttable, then concluded that students learning achievement using active leaning model with crosswords strategy higher than students learning achievement using cooperative learning model type of STAD. The average of learning achievement for experiment classroom X AV-1 was 80.64 and control classroom X AV-2 was 76.60. Then, from analysis result on learning realization observation sheet obtained that realization of active learning with crosswords strategy was good. Thus, could be concluded that active learning with crosswords strategy is proper to be used, and could be alternative of teaching and learning process to be more attractive, varied, and dynamic.
Keywords: active learning model, crosswords strategy, learning achievement, performing home theater installation.
PDF Downloads: 51