PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK 3 FASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KOMPETENSI KEAHLIAN TITL DI SMK NEGERI 1 SIDAYU
Keywords:
media pembelajaran, peserta didik, instalasi motor listrik, hasil belajarAbstract
Guru memiliki peran utama dalam mengarahkan peserta didik untuk tercapainya tujuan pembelajaran dalam pembuatan lulusan SMK yang berkualitas tinggi yang dapat bersaing di pasar kerja. Selain itu, untuk membantu peserta didik menjadi aktif dalam mempelajari apa yang diajarkan oleh guru, guru harus bisa berinovasi dan berpikir kreatif. Tujuan dari dilaksanakanya penelitian adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui instalasi motor listrik tiga fasa. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan pendekatan secara kuantitatif yang dirancang untuk diaplikasikan pada penelitian pengembangan. Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI TITL SMK Negeri 1 Sidayu. Wawancara, angket, pre-test, dan post-test adalah metode dalam mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa validitas media pembelajaran (85,5%), materi (84,83%), soal (84,83%), modul ajar (84,92%), jobsheet (80,03%), dan angket (87,5%) semua masuk kategori sangat valid. Hasil uji N-gain menunjukkan hasil belajar peserta didik sejumlah 0,782 dan tingkat kepraktisan media pembelajaran sebesar 92,77%, yang menempatkannya dalam kategori sangat praktis. Penelitian yang telah dilaksanakan mengungkapkan bahwa media pembelajaran, jobsheet, modul ajar, materi, soal, dan angket respon peserta didik adalah perangkat ajar yang sangat layak. Terdapat efektifitas peserta didik sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran instalasi motor listrik tiga fasa berbasis HOTS. Secara keseluruhan, media pembelajaran termasuk dalam kategori sangat praktis. Penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa menggunakan perangkat pembelajaran instalasi motor listrik 3 fasa berbasis HOTS meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya peran pendidik dalam membuat media pembelajaran agar hasil belajar peserta didik bisa meningkat.