PENGARUH COLLABORATION SKILLS TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS SISWA SMKN 2 SURABAYA

Authors

  • Dzurrotun Nafisah Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Wrahatnolo Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v14n02.p127-132

Keywords:

collaboration skills, critical thinking skills

Abstract

Skills adalah keterampilan meningkatkan kinerja untuk berkembang yang perlu diimplementasikan pada abad ke- 21 berfokus pada konsep “Tim” dimana pembelajaran kelompok akan mempengaruhi cara berpikir siswa demi mengarah pada tujuan penyelesaian masalah yang dihadapi, karena menurut studi internasional bahwa keterampilan berpikir siswa Indonesia dinilai masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dari collaboration skills terhadap critical thinking skills. Penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis survei dengan menggunakan data primer pada populasi SMKN 2 Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan mengambil 3 kelas kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) sebanyak 108 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi sederhana berbantuan SPSS 23. Hasil penelitian ditemukan nilai p-value < 0,05 dapat diartikan collaboration skills memiliki pengaruh positif signifikan terhadap critical thinking skills. Kesimpulan didapatkan bahwa collaboration skills memiliki pengaruh terhadap critical thinking skills dengan kontribusi sebesar 50,9% sisanya 49,1% disebabkan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini (teamwork skills, berpikir kreatif dan keterampilan adaptasi sosial). Implikasi hasil analisis menunjukkan guru dapat memandang collaboration skills sebagai alat meningkatkan critical thinking skills dengan penerapan pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan  critical thinking skills pada abad ke- 21 yaitu Project Based Learning (PjBL) karena PjBL bertujuan meningkatkan kolaborasi siswa yang bersifat kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-21

How to Cite

Nafisah, D., Wrahatnolo, T., Rusimamto, P. W., & Kholis, N. (2024). PENGARUH COLLABORATION SKILLS TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS SISWA SMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 14(02), 127–132. https://doi.org/10.26740/jpte.v14n02.p127-132
Abstract views: 102 , PDF Downloads: 56