KORELASI PEMAHAMAN GURU DAN KESIAPAN GURU ERA SOCIETY 5.0 TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI DI KOTA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan guna melakukan eksplorasi keterkaitan antara seberapa baik pemahaman dengan kesiapan guru menghadapi Society 5.0 dan kinerja mereka di Sekolah Kejuruan Negeri di Surabaya. Analisis penelitian dilakukan dengan regresi yang difasilitasi SPSS 25. Data melalui kuisioner yang diisi oleh tenaga pendidik. Penelitian difokuskan kepada guru SMK Negeri di Surabaya, dengan memilih sampel sebanyak 100 orang guru produktif untuk penelitian. Hasil mengungkap terdapat hubungan Pemahaman Guru dengan Kinerja Guru. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,008 yang kurang dari 0,05. Demikian pula Kesiapan Guru di Era Society 5.0 juga berkorelasi dengan Kinerja Guru, dengan nilai signifikansi sebesar 0,017, juga berada di bawah 0,05. Lebih lanjut, pengujian simultan menunjukkan bahwa Pemahaman Guru dan Kesiapan Guru berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru, dengan uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yaitu kurang dari 0,05 dan nilai Fhitung 45,009 > Ftabel 3,09. Nilai R sebesar 0,694 menunjukkan korelasi yang kuat antara variabel-variabel tersebut. Hal itu, diartikan bahwa terdapat kolerasi positif antara pemahaman dan kesiapan guru terhadap Era Society 5.0. Semakin tinggi tingkat Pemahaman dan Kesiapan Guru tentang Society 5.0, semakin tinggi Kinerja Guru di SMK Negeri Kota Surabaya. Sebaliknya, rendahnya tingkat pemahaman dan kesiapan guru menyebabkan menurunnya kinerja guru. Hal ini menyoroti peran pemahaman dan kesiapan guru menghadapi Era Society 5.0 sebagai faktor kunci yang mempengaruhi kinerja mereka. Implikasi dari penelitian yaitu menunjukkan perlunya meningkatkan pemahaman dan kesiapan guru melalui beragam inisiatif pelatihan dan pengembangan. Pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru dan meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Negeri di Surabaya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

