PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ELEKTRODOC TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA SMKN 1 SIDOARJO
Abstract
Pembelajaran memiliki sebuah tujuan untuk menguasai kompetensi yang telah ditentukan. Dalam mencapai kompetensi tersebut, penyampaian materi pembelajaran haruslah efektif. Maka dari itu pemilihan media pembelajaran menjadi suatu faktor penting, salah satu media yang digunakan adalah aplikasi Electrodoc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aplikasi Electrodoc memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMKN 1 Sidoarjo pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen berbentuk Non Equivalent Control Group Design. Terdapat dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data diperoleh dari angket yang digunakan untuk mencari respon peserta didik. Dan tes untuk memeroleh hasil belajar pretest dan posttest. Setelah melakukan penelitian, diketahui respon peserta didik memiliki hasil nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,11 atau 77,74% yang dapat dikatakan baik. Untuk pretest kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata keseluruhan 38,51 dan kelas eksperimen sebesar 34,46. Hasil posttest kelas kontrol menghasilkan rata-rata keseluruhan sebesar 60,27 dan untuk kelas eksperimen sebesar 77,57. Data yang diperoleh dilakukan uji normalitas dengan memeroleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,0013 untuk respon peserta didik dan 0,000007 untuk hasil posttest kelas eksperimen, dengan begitu keduanya dinyatakan tidak terdistribusi normal. Hasil uji non parametrik Rank Spearman diantara hasil respon peserta didik dan hasil posttest kelas eksperimen adalah nilai sig. 2 tailed 0,806 yang berarti aplikasi Electrodoc tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMKN 1 Sidoarjo pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

