TRAINER DIGITAL REGISTER DAN COUNTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MAHASISWA ELEKTRONIKA KOMUNIKASI DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Rizky Dwi Fitrianto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran yang berupa modul dan trainer. Media pembelajaran tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi khususnya pada Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, serta sebagai solusi dari keterbatasan peralatan pada saat praktikum Mata Kuliah Elektronika Digital 2.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) tetapi dalam penelitian ini tidak semua langkah digunakan, disesuaikan dengan tujuan dari penelitian. Untuk mengetahui kelayakan trainer rangkaian sekuensial, register dan counter yang telah dikembangkan, dilakukan (1) validasi trainer oleh 3 validator, (2) analisis pengamatan mahasiswa, dan (3) serta respon mahasiswa terhadap trainer.Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran yang berupa lembar kerja siswa dan trainer digital rangkaian register dan counter pada Mata Kuliah Elektronika Digital 2 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, kemudian menguji cobakan secara terbatas untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap perangkat pembelajaran tersebut.

Hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam media trainer dinilai baik dengan hasil 75%, sedangkan lembar kerja siswa dinilai baik dengan hasil sebesar 72%. Respon mahasiswa pada keseluruhan aspek yang dinilai sangat baik dengan hasil 80%. Jadi perangkat pembelajaran media trainer digital rangkaian register dan counter ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada Mata Kuliah Elektronika Digital 2 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

 

Kata kunci: Trainer  Digital  Rangkaian Register dan Counter Elektronika Digital 2, Metode Penelitian Research and Development (R&D) dan Hasil Validasi Trainer

 

Abstract

This research resulted learning media in the form of modules and trainer. These learning Media aims to improve the quality of education in College, especially at the Department of electrical engineering, Faculty of engineering, State University of Surabaya, as well as the solution to the limitations of the equipment at the time of teaching Digital Electronics Courses 2.

The methods used in this research is a Research and Development (R & D ) but in this research not all measures used, adapted to the purpose of the research. To find out the feasibility of sequential circuit trainer, registers and counters that have been developed, performed (1) validation of the trainer by 3 validator, (2) analysis of the students ' observations, and (3) as well as the response of students to the trainer.This study develops a learning device which consists of the student worksheet and the digital circuit trainer registers and counters on Digital Electronics Courses 2 Department of electrical engineering, Faculty of engineering, State University of Surabaya, was then tested to a limited extent to know students ' response toward the learning device.

The validation results on the overall aspects of the media trainer rated well with the results of 75%, while the students ' worksheets was rated well with results of 72%. Student responses on the overall aspects that are rated very good results with 80%. So digital media learning trainer device series of registers and counters can be used as a medium of learning on Digital Electronics Courses 2 Department of electrical engineering, Faculty of engineering, State University of Surabaya

 

Keywords: Digital Trainer set of Registers and Electronic Digital Counter 2, Research methods, Research and Development (R&D) and the validation Results Trainer

Author Biographies

Rizky Dwi Fitrianto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
Fitrianto, R., & ., L. (2014). TRAINER DIGITAL REGISTER DAN COUNTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MAHASISWA ELEKTRONIKA KOMUNIKASI DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 547