PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STRATEGI PETA KONSEP DENGAN BANTUAN NOVAMIND 5 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENGAPLIKASIKAN RANGKAIAN LISTRIK

  • Moch Chamdani . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Euis Ismayati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan dari perangkat pembelajaran strategi peta konsep dengan bantuan NovaMind 5 menggunakan model pembelajaran langsung pada standar kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik; (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi peta konsep dengan bantuan NovaMind 5 menggunakan model pembelajaran langsung pada standar kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik; (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap strategi belajar peta konsep dengan bantuan NovaMind 5 menggunakan model pembelajaran langsung pada standar kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik.

Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Research and Development (R&D) ) dalam penelitian ini tidak semua langkah digunakan tetapi disesuaikan dengan tujuan dari penelitian. Secara lengkap langkah-langkahnya sebagai berikut; (1) potensi masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; (8) analisa dan pelaporan. yang dilakukan di jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sidoarjo. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL. Objek penelitian ini berupa pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri dari perangkat RPP, buku ajar dan media pembelajaran NovaMind 5. Teknik analisis data menggunakan penilaian kualitatif untuk mengetakui kelayakan perangkat pembelajaran. Uji coba penerapan perangkat dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dan postest pada satu kelas ketika sebelum menggunakan perangkat pembelajaran dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran menggunakan acuan patokan (KKM). Untuk mengetahui adanya interaksi pada siswa dan sebagai bahan evaluasi digunakan angket respon siswa

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran strategi peta konsep dengan bantuan NovaMind 5 menggunakan model pembelajaran langsung yang di nilai oleh validator dikategorikan sangat valid dengan prosentase 81,88%; (2) hasil belajar siswa yang diperoleh ketika dibelajarkan dengan strategi peta konsep dengan bantuan NovaMind 5 menggunakan model pembelajaran langsung pada standar kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik yang dicapai sebesar 97% siswa tuntas; (3) respon siswa terhadap strategi belajar peta konsep dengan bantuan NovaMind 5 menggunakan model pembelajaran langsung pada standar kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik sebesar 89,71% dengan kategori sangat baik

Kata kunci: Strategi belajar peta konsep,  NovaMind 5, ketuntasan belajar, respon siswa dan mengaplikasikan rangkaian listrik.

 

Abstract

This study aims to: (1) describe the expedience of the device concept map learning strategy with Novamind 5 using direct learning model in the competency standard of applying electrical circuit; (2) describe students learning outcome that is learned by the concept map learning strategy with Novamind 5 using direct learning model in the competency standard of applying electrical circuit; (3) describe the student’s responses to the concept map learning strategy with Novamind 5 using direct learning model in the competency standard of applying electrical circuit.

Research method that is used is Research and Development (R&D) method, In the research not all step use but appropriated with the purpose from this research. To complete step are (1) problem potential; (2) data collecting; (3) product desain; (4) design validation; (5) desain revision; (6) product tryout and; (7) product revision; (8)analisys and report. This study is done in the department of Installation of Electrical Power Engineering in 1 Vocational School of Sidoarjo. The subjects of this study are the students of X TITL class. The object of this study is the development of learning concept that consist of RPP, textbook, and Novamind 5 learning media. Technique of analysis data uses qualitative research to know the eligibility of learning device. The trial run of application of device is done by comparing the pretest and posttest result on a class while before and after using of learning device that use a reference standard (KKM). Student Questionnaire Responses is used to find out the existence of interaction in students and as the object of evaluation.

The results of the study show that: (1) the device of concept map Novamind 5 learning strategy using direct learning model that is valuated by a validator is categorized very valid by percentage of 81,88%; (2) the result of students learning that is obtained while learned by concept map Novamind 5 learning strategy using direct learning model on the competency standard of applying electrical circuits reached about 97% students is completed; (3) the student’s responses toward concept map Novamind 5 learning strategy using direct learning model on the competency standard of applying electrical circuits are about 89,71% with very good category.

Keywords: concept map learning strategy, Novamind 5, learning completeness, student’s responses, and applying electrical circuits.

Author Biographies

Moch Chamdani ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Euis Ismayati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
., M., & ., E. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STRATEGI PETA KONSEP DENGAN BANTUAN NOVAMIND 5 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENGAPLIKASIKAN RANGKAIAN LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 63