PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MODEL LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDART KOMPETENSI MELAKUKAN INSTALASI SOUND SYSTEM DI SMK NEGERI 1 MADIUN

  • Ashari Cahyono . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Edy Sulistyo . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran learning starts with a question terhadap hasil belajar siswa lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. (2) Mengetahui keterlaksanakan model pembelajaran learning starts with a question pada standar kompetensi mmelakukan isntalasi sound syste.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Nonequivalen Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AV SMK Negeri 1 Madiun. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan kelas X AV-1 sebagai kelas eksperimen dan X AV-3 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji-t pretest kelas eksperiment dan kontrol tidak ada perbedaan. Sedangkan hasil uji-t posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sehingga pengaruh pembelajaran learning starts with a question lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran langsung. (2) Dalam pelaksanaan proses keterlaksanaan pembelajaran learning starts with a question di SMKN 1 Madiun peneliti menemukan beberapa kendala diantaranya; sulit mengkondisikan siswa, dikarenakan siswa belum mengerti tentang pembelajaran learning starts with a question. Setelah dilakukan beberapa pertemuan dengan menggunakan pembelajaran learning starts with a question siswa mulai terangsang dalam melakukan aktifitas belajar individu atau kelompok pada pembelajaran serta menumbuhkan sikap sosial, dan solidaritas dan sistem belajar yang komunikatif. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran aktif learning starts with a question dapat digunakan pada proses kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 1 Madiun.

Kata kunci : strategi belajar learning start with a question, pembelajaran langsung,hasil belajar siswa.

Abstract

This study aims to : ( 1 ) Determine the influence of learning Learning Starts With A Question on learning outcomes of students is higher than the direct instructional model . ( 2 ) Knowing learning model Learning Starts With A Question on competency standard sound system installation .

The study design used was quasi experiment with research design used is " Nonequivalen Control Design " . The population in this study were students of class X AV SMK Negeri 1 Madiun . Sample taken 2 classes with class X AV - 1 as an experimental class and X -class AV - 3 as a control . While the results of their study to determine differences in the data analysis techniques used t-test .

The results showed that ( 1 ) The results of the t-test experimental and control class pretest no difference . While the results of the t-test posttest experimental class higher than the class of controls that influence  Learning Starts With A Question higher compared with the direct learning . ( 2 ) In the implementation process of Learning Starts With A Question at SMK 1 Madiun researchers found several obstacles including; difficult to condition students , because students do not understand about learning Learning Starts With A Question . After several meetings with the use of learning Learning Starts With A Question of students getting aroused in conducting individual or group learning activities on learning and foster social attitudes , and solidarity and communicative learning system . This suggests that learning Learning Starts With A Question can be used in the process of teaching and learning activities at SMK Negeri 1 Madiun

Keywords             : ActiveLearning Start With A Question. Direct, student learning outcomes

Author Biographies

Ashari Cahyono ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Edy Sulistyo ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
., A., & ., E. (2014). PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MODEL LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDART KOMPETENSI MELAKUKAN INSTALASI SOUND SYSTEM DI SMK NEGERI 1 MADIUN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 11