Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Latar belakang Sekolah pada Mata Kuliah Praktik Dasar Listrik dan Matematika Teknik 1 terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa S1 PTE UNESA tahun angkatan 2012

  • Cahyo Nugroho . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Jusuf Austerawan Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang sekolah yaitu SMA dan SMK pada mata kuliah praktik dasar listrik dan matematika teknik 1 terhadap prestasi belajar mahasiswa yang diketahui dari Kartu Hasil Studi mahasiswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro UNESA angkatan 2012. Diambil sampel sebanyak 40 mahasiswa yang meliputi 20 mahasiswa yang berlatar belakang sekolah dari SMA dan 20 mahasiswa yang berlatar belakang sekolah dari SMK. Nilai motivasi belajar mahasiswa didapat dari angket ARCS dan nilai prestasi belajar mahasiswa didapat dari KHS. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-F.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, untuk mata kuliah PDL diketahui besar F adalah 11,197 dengan probabilitas 0,02 < 0,05. Untuk mata kuliah Matematika Teknik 1 diketahui besar F adalah 94,915 dengan probabilitas 0,00 < 0,05. Karena probabilitas kurang dari 0,05 maka H0 ditolak atau Ada pengaruh yang signifikan antara Motivasi belajar terhadap Prestasi belajar mahasiswa dari SMA dan SMK pada mata kuliah Praktik Dasar Listrik dan Matematika Teknik1. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh antara motivasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang sekolah pada matakuliah Praktik Dasar Listrik dan Matematika Teknik 1 terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 pendidikan Teknik Elektro UNESA tahun angatan 2012.

 

Kata kunci          : Latar Belakang Sekolah, Motivasi  Belajar Mahasiswa, Prestasi Belajar Mahasiswa.

Abstract

The aims of this research is determine the effect of student learning motivation based on its background that is senior high school and vocational senior high school on basic practices of electrical basic engineering and mathematics 1 on student achievement results known from studies student card .

The method of this research is quantitative with expost facto aproach. The population in this study were students of S1 UNESA Electrical Engineering Education in 2012. It is taken sample of 40 students which includes 20 student of high school backgrounds and 20 high school students of vocational high school background. The score of student learning motivation taken from ARCS questionaire and the score of echievement learning taken from studies student card. While to determine the effect of motivation learning outcomes data analysis techniques used F-test .

The results showed that for subject electrical basic practice known F is 11,197 with 0,002 probability less than 0,05. For subject mathematics engineering 1 known F is 94,915 with 0,00 probability less then 0,05. It cause probaility of less than 0,05 so the Ho rejected or there is an significant effect between  learning motivation with student achievement from high school and vocational high school for subject electrical basic practice and mathematics engineering. So the the conclusion is there’s an effect of student learning motivation based on the background of school in subject of electrical basic practice and mathematics engineering with echievement of student learning s1 UNESA electrical enineering education in 2012.

 

Keyword : Achievement of Student Learning, Educational Background, Student Learning Motivation

 

Author Biographies

Cahyo Nugroho ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jusuf Austerawan Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
., C., & Pramukantoro, J. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Latar belakang Sekolah pada Mata Kuliah Praktik Dasar Listrik dan Matematika Teknik 1 terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa S1 PTE UNESA tahun angkatan 2012. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 426