PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMKN 1 SIDOARJO
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bermula dari masalah yang ditemukan saat observasi di SMKN 1 Sidoarjo, salah satunya bahan ajar yang digunakan yaitu perangkat trainer sensor belum dioptimalkan untuk menunjang pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media atau bahan ajar yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menganalisis validitas, respon siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 11 TAV SMK Negeri 1 Sidoarjo sebanyak 34 siswa. Penelitian ini menggunakan desain one-group pretest and posttest. Hasil dari pengembangan trainer dan jobsheet sensor menunjukkan tingkat kevalidan yang tinggi, dengan persentase 93% untuk kevalidan trainer dan 90% untuk kevalidan jobsheet. Berdasarkan hasil tersebut trainer dan jobsheet dapat dikategorikan sangat valid. Nilai persentase respon siswa mencapai 85,6%, sehingga trainer dan jobsheet dinyatakan sangat mudah digunakan sebagai media pembelajaran. Sementara itu, hasil belajar siswa didapatkan melalui uji coba pretest dan posttest menggunakan paired sample test yang menghasilkan nilai signifikansi < 0,001 (kurang dari 0,05). Dengan kata lain, ada perbedaan pencapaian hasil belajar kognitif siswa ketika belum menggunakan dan sudah menggunakan media pembelajaran. Sementara itu, hasil analisis skor akhir siswa diperoleh dari one sample test dengan nilai signifikansi < 0,001 (kurang dari 0,05). Nilai tersebut menyatakan bahwa hasil belajar siswa memenuhi standar KKTP. Oleh karena itu, berdasarkan kedua hasil tersebut diketahui bahwa hasil pembelajaran meningkat setelah menggunakan media sensor.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

