STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN SOFTWARE MULTISIM DENGAN PENGUKURAN SEBENARNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR ELEKTRONIKA SISWA SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • Irene Wijayanti . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Jusuf Austerawan Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided inquiry)  berbantuan software multisim dengan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided inquiry) berbantuan pengukuran sebenarnya terhadap pemahaman dasar-dasar elektronika.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimental yaitu Quasi Experimental Design. Penelitian ini dilakukan pada sampel yang terdiri dari dua kelas yang terdiri atas 33 siswa. Satu kelas pertama akan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided inquiry) dengan berbantuan software multisim dan kelas kedua menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided inquiry) dengan berbantuan pengukuran sebenarnya. Pengujian hipotesis akan dilakukan dengan mengkomparasikan nilai prestasi hasil belajar dari kedua kelas tersebut.

Dari hasil belajar siswa berupa posttest, tes formatif dan uji kinerja antara kelas yang menggunakan pembelajaran guided inquiry berbantuan software multisism mendapat nilai rata-rata 81,1 dan kelas yang menggunakan pembelajaran guided inquiry berbantuan pengukuran sebenranya mendapat nilai rata-rata 78,3. Hasil uji –t dua pihak pada nilai hasil belajar   diperoleh untuk nilai thitung = 2,154 > ttabel = 1,998 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas yang menggunakan pembelajaran guided inquiry berbantuan software multisim dengan kelas yang menggunakan pembelajaran guided inquiry berbantuan pengukuran sebenranya.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, software multisim, pengukuran sebenarnya

 

Abstract

The purpose of this research is to find out whether there is a difference between learning study result of the students use kind of guided inquiry assisted learning model with multisim software and guided inquiry with actual measurement assisted towards understanding the fundamentals of Electronics.

Research methods used in this research is experimental research method which is a Quasi Experimental Design. This research is conducted on a sample composed of two classes of 33 students. The first class will use the discovery learning model of guided inquiry assisted with the multisim software and the second class use discovery learning model of guided inquiry with actual measurement assisted. Hypothesis testing will done with compare the value of learning outcome achievement from both of classes.

From student learning like a posttest, formatif test, and test performance between class that the discovery learning model of guided inquiry assisted with the multisim software get an average rating 81,1. The class use discovery learning model of guided inquiry with actual measurement assisted gets the value of the average 78,3. Test results of t-test two parties on the value of learning results obtained thitung = 2,154 > ttabel = 1,998 which means there is a significant difference between the study result use the guided inquiry learning-assisted software multisim with class that use learning guided inquiry assisted actual measurement.

Keywords: guided inquiry, multisim software, actual measurement.

Author Biographies

Irene Wijayanti ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jusuf Austerawan Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
., I., & Pramukantoro, J. (2014). STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN SOFTWARE MULTISIM DENGAN PENGUKURAN SEBENARNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR ELEKTRONIKA SISWA SMK NEGERI 5 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 20