HUBUNGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA SISWA KELAS X EI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

  • Berdy Ruliani . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Jusuf Austerawan Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara model pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada materi teknik elektronika dan mengetahui hubungan antara model  pembelajarandenganaktivitas siswa dalam kegiatan belajar teknik elektronika.

Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental karena belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh.Dalam penelitian ini rancangan penelitian yang digunakan adalahthe static-group comparison.

Dari hasil penelitian diperoleh: (1) Berdasarkan hasil analisis nilai model pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment diperoleh besar interpretasi r yang sedang, yaitu 0,400. dan diperoleh untuk nilai sig = 0,016 < α = 0,05; (2) Berdasarkan hasil analisis nilai model pembelajaran dan aktivitas siswa dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment diperoleh besar interpretasi r yang sedang, yaitu 0,498. Serta diperoleh untuk nilai sig = 0,002 < α = 0,05. Hasil penelitian didapatkan korelasi yang positif (+) antara model pembelajaran dengan hasil belajar siswa. Karena hasil belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe GI mengalami peningkatan begitu juga pada model pembelajaran konvensional. Hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dari hasil belajar model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran teknik elektronika (diode dan transistor).

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Hasil belajar, Aktivitas

Abstact

The purpose of this study was to determine the relationship between the model of learning with student learning outcomes in electronics engineering materials and determine the relationship between the model of learning with the learning activity of students in electronic engineering.

This research is the Pre - Experimental because there is an earnest experiment. In this research study design used is the static - group comparison.

The results were obtained: ( 1 ) Based on the analysis model of learning and student learning lesson using Pearson product moment correlation test was obtained which was great interpretation of r, namely 0,400. and the value obtained for the sig = 0,016 < α = 0,05, ( 2 ) Based on the value analysis learning model and student activity using the Pearson product moment correlation test was obtained great interpretation of r, namely 0,498 . As well as the values ​​obtained for the sig = 0,002 < α = 0,05. The results showed a positive correlation (+) between the model of learning with student learning lesson. Because the learning lesson in cooperative learning model GI has increased as well in the conventional learning models. Learning lesson cooperative learning model GI higher than conventional learning models learning lesson. It can be concluded that the cooperative learning model GI better than conventional learning models in electronics engineering subjects (diodes and transistors).

Keywords: Models of Learning, Learning Lesson, Activities

Author Biographies

Berdy Ruliani ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jusuf Austerawan Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
., B., & Pramukantoro, J. (2014). HUBUNGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA SISWA KELAS X EI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 727
PDF Downloads: 193