PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BERBASIS PROYEK UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI JURUSAN TITL DI SMK NEGERI 3 SURABAYA
Abstract
Pendidikan memainkan peran yang sangat signifikan dan diperlukan sebagai memajukan sumber daya manusia di seluruh dunia. Melalui pendidikan, setiap individu dapat memaksimalkan bakat dan potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, dilakukanlah sebuah penelitian dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk yaitu Lembar Kerja Peserta Didik atau disebut (LKPD). Metode proyek instalasi penerangan listrik. Diharapkan bahwa perangkat ini dapat memberikan manfaat bagi guru dalam mengatasi permasalahan belajar siswa dan layak untuk digunakan. Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini akan dievaluasi berdasarkan tiga aspek, yaitu validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan sistem eksplorasi yang berbasis pada penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D), mengacu pada model pengembangan 4-D. Mengacu pada data sampel penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI Program Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TITL) 3 di SMK Negeri 3 Surabaya. Untuk menganalisis perbedaan antar kelompok menerapkan metode One-Group Pretest-Posttest, di mana perlakuan berupa LKPD metode proyek instalasi penerangan listrik diberikan kepada siswa. Peningkatan nilai belajar siswa merupakan indikator keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelayakan LKPD pada aspek validitas dinyatakan valid dengan skor 81,43%, (2) pada aspek praktikalitas, LKPD tergolong sangat praktis dengan rata-rata total praktikalitas mencapai 91,87%, dan (3) efektivitas LKPD terlihat dari peningkatan pada aspek literasi disiplin ilmu dan keterampilan. Dalam ranah pengetahuan, nilai rata-rata pretest adalah 52,8%, sedangkan posttest menunjukkan nilai rata-rata 87%, dengan signifikansi 0,000.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

