KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PLC LADDER SIMULATOR 2 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN SISTEM KENDALI

Authors

  • Mochammad Albar Rahmansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya
  • Endryansyah Endryansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Syariffuddien Zuhrie Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan media pembelajaran pada era digitalisasi, merupakan tantangan utama dalam pembelajaran PLC di Sekolah Menengah Kejuruan adalah keterbatasan perangkat keras dan perangkat lunak yang dimiliki oleh siswa. Keterbatasan ini mengakibatkan siswa sulit dan kurang dalam memahami konsep dasar dan aplikasi nyata dari teknologi PLC. Selain itu, keterbatasan ini juga membatasi siswa dalam melakukan simulasi dan praktikum yang diperlukan untuk meningkatkan keterampilan. Sebagai dukungan untuk pelaksanaan pembelajaran, penggunaan media aplikasi PLC Ladder Simulator dapat menjadi alternatif yang menarik. Aplikasi ini dapat diunduh dan diakses di perangkat Smartphone Android, memungkinkan pengguna untuk belajar dimana saja dan kapan saja tanpa perlu akses ke komputer desktop. Aplikasi PLC Ladder Simulator memberikan platform yang mudah diakses untuk membuat, menguji, dan mensimulasikan program ladder diagram PLC menggunakan antarmuka grafis yang intuitif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kepraktisan dan peningkatan hasil belajar pada elemen sistem kendali mata pelajaran konsentrasi keahlian teknik instalasi tenaga listrik (TITL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Peningkatan hasil belajar yang diuji menggunakan N-Gain yang terdiri dari nilai pretest dan nilai akhir mendapatkan nilai rata-rata 0,44. Angket respon diukur menggunakan 5 aspek penilaian. Berdasarkan hasil angket respon, didapatkan hasil presentase untuk aspek kemudahan pembelajaran sebesar 78,80%, aspek kedua ketertarikan menggunakan aplikasi sebesar 78,03%, aspek ketiga peran mengenai aplikasi sebesar 86,41%, aspek keempat kendala mengenai aplikasi sebesar 74,28%, dan aspek kelima hasil belajar siswa sebesar 79,81%. Presentase rata-rata untuk semua aspek didapatkan sebesar 79,46% masuk dalam kategori baik. Sehingga media pembelajaran menggunakan aplikasi PLC Ladder Simulator 2 dapat dikatakan praktis untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-23

How to Cite

Rahmansyah, M. A., Rusimamto, P. W., Endryansyah, E., & Zuhrie, M. S. (2025). KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PLC LADDER SIMULATOR 2 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN SISTEM KENDALI. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 14(03), 197–202. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/67369
Abstract views: 86 , PDF Downloads: 81