PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS TALENTLMS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI TEI PEMROGRAMAN SISTEM EMBEDDED DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

Authors

  • Muhammad Azmi Hanif Rohmad Universitas Negeri Surabaya
  • Rina Harimurti Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Syariffuddien Zuhrie Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi utama dalam pendidikan kejuruan, khususnya pada mata pelajaran Pemrograman Sistem Embedded yang menuntut keterampilan analisis dan pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi besar dari pengaruh model pembelajaran Discovery Learning yang mengintegrasikan TalentLMS terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI Teknik Elektronika Industri (TEI) di SMK Negeri 1 Driyorejo. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Shot Case Study. Sampel terdiri dari 36 peserta didik yang dipilih secara acak menggunakan cara simple random sampling. Instrumen yang digunakan meliputi angket respons terhadap penggunaan TalentLMS, tes kemampuan berpikir kritis berdasarkan indikator Facione, serta lembar observasi yang mengukur keterlibatan peserta didik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Validasi instrumen dilakukan oleh dua guru dan satu ahli dosen. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana bantuan SPSS versi 25.0. Hasil akhirnya tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan TalentLMS dalam model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik (F = 2,361; Sig. = 0,134). Koefisien regresi sebesar -0,172 menunjukkan hubungan negatif, sementara nilai R² 0,054 menunjukkan bahwa hanya 5,4% variasi kemampuan berpikir kritis dapat dijelaskan oleh respons peserta didik terhadap TalentLMS. Meskipun pengaruh statistiknya tidak signifikan, observasi memperlihatkan tingkat keterlibatan peserta didik yang sangat tinggi dengan rata-rata 96,88%, mencerminkan antusiasme dan partisipasi aktif, sehingga penerapan TalentLMS tetap memberikan kontribusi positif terhadap keterlibatan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-01

How to Cite

Rohmad, M. A. H., Harimurti, R., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS TALENTLMS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI TEI PEMROGRAMAN SISTEM EMBEDDED DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 14(03), 203–210. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/67620
Abstract views: 68 , PDF Downloads: 47