Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Keterampilan Elektronika di SMP Negeri 1 Tikung Lamongan

  • Sayid Ferdian . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif, yang dapat membantu siswa memahami dan mengetahui hasil belajarnya terhadap materi yang disajikan dalam media, serta memberikan respon pada media dengan materi keterampilan elektronika di SMP Negeri 1 Tikung, Lamongan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R&D). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design pada kelas VII, dengan perlakuan 2 kelas sebagai kontrol dan eksperimen.

Penelitian ini memiliki 7 (tujuh) tahapan, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain media pembelajaran, (4) validasi media pembelajaran, (5) revisi media pembelajaran, (6) uji coba media pembelajaran, dan (7) analisis dan pelaporan hasil media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran keterampilan elektronika menunjukkan kategori yang sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran dengan presentase 86%. Kategori ini juga diperoleh untuk aspek pelaksanaan pembelajaran dengan presentase 84%. Soal dalam media dikategorikan baik dengan presentase 82% dan mendapatkan respon sangat menarik dari siswa dengan presentase 88%. Hasil post test menunjukkan bahwa siswa mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dari pada yang tidak menggunakannya.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Pembelajaran Interaktif, Lectora, Research and Development (R&D).

Abstract

This development of interactive learning media’s research has the aim to produce an interactive learning media, which can help students to understand and know the results of the study on the topic presented, as well as respond to the media with electronics skills topic in SMP Negeri 1 Tikung, Lamongan.

This type of research is the developmental research with reference to Research and Development (R&D) model. The study design used was Quasi Experimental Design in VIIth grade, with the treatment of 2-class as the control and experimental.

This research has 7 (seven) stages, that are: (1) the potential and problems, (2) data collection, (3) design of learning media, (4) validation of learning media, (5) revision of learning media, (6) the trial of learning media, and (7) the analysis and reporting of the results of learning media. The results of the research development of interactive learning media on electronics skills topic showed a very good category to be used in learning with a percentage of 86%. This category is also obtained for the aspect of learning implementation with a percentage of 84%. The questions on the media got a good category by percentage 82% and get a very interesting response from students with a percentage of 88%. Post test results showed that students obtain higher learning results by using interactive learning media than those not using it.

 

Keyword: Learning Media, Interactive Learning, Lectora, Research and Development (R&D).

 

Author Biography

Sayid Ferdian ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
., S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Keterampilan Elektronika di SMP Negeri 1 Tikung Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 26