PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI SIMURELAY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA SIMULASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Hasil belajar merupakan fokus topik penelitian ini yang digunakan sebagai tujuan pengembangan modul pembelajaran yang valid dievaluasi berdasarkan rekomendasi dan validasi dari ahli materi dan ahli media, efektif berdasarkan respons praktisi dan peserta didik, dan efektif berdasarkan hasil belajar peserta didik kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan pengembangan model ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi dalam proses penyusunan modul pembelajaran. Aspek kevalidan dilakukan uji validitas modul yang mendapatkan perolehan nilai validasi ahli materi 88,8% dan 88,9% oleh ahli media, hasil tersebut dalam kategori yang sangat valid. Aspek kepraktisan mendapatakan nilai sebesar 98% untuk respon praktisi dan 88,34% untuk respon peserta didik, dengan demikian aspek kepraktisan dalam kategori sangat praktis. Hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik digunakan untuk mengukur aspek keefektifan. Ranah kognitif, nilai uji N-Gain adalah 0,511, hasil tersebut masuk dalam taraf sedang, selanjutnya dilakukan uji Paired Sample T-Test nilai prerets-postest mendapatkan nilai 0,000, hasil tersebut menunjukkan hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah menggunakan modul pembelajaran berbeda signifikan. Hasil belajar ranah afektif memiliki nilai rata-rata 82,40, selanjutnya dilakukan uji One sample T-Test yang menunjukan hasil signifikansi 0,000. Sedangkan pada ranah psikomotorik mendapatakan nilai rata rata hasil belajar sebesar 83,15 dan mendapatkan hasil One Sample T-Test 0,000. Dengan demikian hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik terdapat peningkatan yang signifikan dengan nilai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran sebesar 75. Modul pembelajaran berbantuan aplikasi simurelay layak untuk digunakan karena telah terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

