PEMBERIAN MOTIVASI DI AWAL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK MELALAUI MODEL PEMBELEJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Hasil belajar peserta didik pada elemen intalasi motor listrik tergolong rendah sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus. Faktor penting yang berpengaruh terhadap hasil belejar peserta didik adalah motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pemberian motivasi belajar di awal pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik elemen instalasi motor listrik, melalui implementasi model pembelajaran berbasis masalah. Desain penelitian dan metode yang diterapkan yaitu metode pre-eksperimen desain penelitian one group pretest posttest. Populasi pada penelitian ini berasal dari kelas XI SMK 3 Muhammadiyah Gresik dengan sampel sampel kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik. pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttest). Data dianalisis melalui serangkaian uji, meliputi uji normalitas dan homogenitas, uji t sampel berpasangan, dan perhitungan N-gain untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajardengan berbantuan software IBM SPSS statistic 27 dan uji N-gain. Penemuan penelitian menunjukan bahwa pemberian motivasi belajar di awal pembelajaran melalui model pemeblajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada elemen instalasi motor listrik. Hal ini didukung oleh nilai N-Gain yaitu 0,638 dalam kategori sedang dan hasil uji-t berpasangan yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan nilai 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, pemberian motivasi di awal kegiatan pembelajaran dapat secara efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada elemen instalasi motor listrik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

