PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN METODE TUGAS DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TITL PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS X TITIL DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Achmad Azhari . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Endryansyah . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui bagaimana aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran penerapan model pembelajaran langsung menggunakan metode tugas dan resitasi dan model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran langsung menggunakanmetode tugas dan resitasi pada standar kompetensi memasang instalasi listrik bangunan sederhana.        (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol pada kompetensi memasang instalasi listrik bangunan sederhana.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian menggunakan jenis “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 7 Surabaya.Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan X TITL 2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan hasil belajar digunakan teknik analisis uji-t.

Hasil dari penelitian penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil aktivitas siswa terhadap keseluruhan aspek pada lembar aktivitas siswa selama 3 kali pertemuan di dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung menggunakan metode tugas dan resitasi dan model pembelajaran konvensional dikategorikan tinggi dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 99,39% dan untuk kelas kontrol sebesar 96,98%; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung menggunakan metode tugas dan resitasi mempunyai nilai hasil belajar yang lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensionalberdasarkan perhitungan uji t satu pihak mendapat nilai thitung 9,56 sedangkan  ttabel 1,67. Dengan demikian thitung>ttabelsehingga H1 diterima dan H0 ditolak; (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung menggunakan metode tugas dan resitasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan hasil post-test mendapat nilai ttest9,56 sedangkan ttabel 2,0. Dengan demikian -ttabel<thitung <ttabelsehingga H1 diterima dan H0 ditolak.

 

Kata kunci : model pembelajaran langsung, metode tugas dan resertasi, hasil belajar siswa, aktivitas siswa, standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana

Abstract

The purpose of this research was to: (1) determine how the activity of students in learning activities using the direct application of learning models and recitation assignment method and the conventional learning model, (2) Determine the influence of direct instructional model using the method of recitation task and competency standards of electrical installation of the building simple. (3) Knowing the differences in learning outcomes experimental class and control class put on competence building electrical installation simple.

The method used in this research was Quasi Experimental Design (quasi-experimental) by using this type of research design "Nonequivalent Control Group Design". The population in this research were students of class X 7 TITL SMK Negeri Surabaya. Sample taken 2 classes with class 1 as class X TITL experiments and X TITL 2 as the control class. Meanwhile, to determine the effect of differences in learning outcomes and use the t-test analysis techniques. The results of the research showed that: (1) The results of student activity on all aspects of the student activity sheet for 3 times in meetings can be concluded that the model of direct learning usingassignments and recitation method and the conventional learning models are categorized high with an average grade of 99 experiments , 39% and for the control class is 96.98%, (2) student learning outcomes using direct instructional model using the method of recitation assignments and learning outcomes which has a value higher than the class that uses a conventional learning model is based on the calculation of the t test tcount got 9.56 while ttable 1.67. Thus t count> t table so that H1 is accepted and H0 is rejected; (3) There is a difference in student learning outcomes using direct instructional model using the method of assignment and recitation by the students using the conventional learning model based on the results of the post-test t-test scored 9.56 while ttable 2,0. Thus-ttable <tcount <ttable so that H1 is accepted and H0 is rejected

Key Word : direct instructional models, methods and resertasi assignments, student learning outcomes, student activities, competency standard install electric lighting installation simple building

Author Biographies

Achmad Azhari ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Endryansyah . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
., A., & ., E. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN METODE TUGAS DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TITL PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS X TITIL DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 13