Perbedaan Model Pembelajaran Guided Inquiry Dan MPL Terhadap Prestasi Belajar Siswa Yang Memiliki Motivasi Berprestasi Berbeda Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di Kelas X SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto

  • Dedy Irawan Wiratama Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Jusuf Austerawan Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran langsung (2) perbedaan prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah (3) interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing, motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa. Sasaran penelitian yaitu kelas X TEI di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto.

Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dan menggunakan Desain Penelitian One Shot Case Study Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TEI 1 sebagai kelas kontrol dan X TEI 2 sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas MPL, perbedaan prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah, serta untuk mengetahui adanya interaksi model pembelajaran inkuiri terbimbing, motivasi berprestasi dan prestasi belajar dilakukan pengujian data dengan analisis varian dua jalur menggunakan software SPSS 19.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi atau berbeda secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung yaitu nilai uji-F= 63,45 dengan p-value 0,000, p-value lebih kecil dari α = 0,05 ; (2) prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih baik atau berbeda secara signifikan dengan nilai uji-F = 5,21 dan p-value = 0,026, p-value lebih kecil dari α = 0,05 ; dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran, motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa dengan nilai uji-F = 8,22 dan p-value = 0,006, p-value lebih kecil dari α = 0,05.

Kata kunci: Model pembelajaran guided inquiry, model pembelajaran langsung, motivasi berprestasi  dan prestasi belajar.

Abstract

This study aimed to determine: (1) differences in learning achievement of students taught with guided inquiry model and direct instruction (2) differences in student achievement that have high and low achievement motivation (3) the interaction between the guided inquiry model, achievement motivation on student achievement. The target is Class X TEI Vocatinal High School 1 Jetis Mojokerto.

Research type used here was pre-experimental and One Shot Case Study Design. The subjects in this study were students of class X TEI 1 as control and X TEI class 2 as an experimental class. To determine differences in student achievement between classes with guided inquiry learning model and the class of MPL, the differences of learning achievement of students who have high and low achievement motivation, and to investigate the interaction model of guided inquiry learning, achievement motivation and learning achievement data was tested by two lines analysis of variance using SPSS 19 software.

The results showed that: (1) the student achievement using guided inquiry learning model higher or significantly different than the student learning achievement using direct instructional model that is the value of F-test = 63.45 with a p-value of 0.000, p- value is smaller than α = 0.05, (2) student achievement that have high achievement motivation better or significantly different from the value of F-test = 5.21 and p-value = 0.026, p-value is smaller than α = 0.05, and (3) there is interaction between the model of learning, achievement motivation and learning outcomes of students with F-test value = 8.22 and p-value = 0.006, p-value less than α = 0.05.

 

Keywords: Guided inquiry learning model, direct instructional model, achievement motivation and learning achievement.

Author Biographies

Dedy Irawan Wiratama, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jusuf Austerawan Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
Wiratama, D., & Pramukantoro, J. (2014). Perbedaan Model Pembelajaran Guided Inquiry Dan MPL Terhadap Prestasi Belajar Siswa Yang Memiliki Motivasi Berprestasi Berbeda Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di Kelas X SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 23