RANCANG BANGUN PERANGKAT PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL SEBAGAI APLIKASI ROBOT CERDAS BAGI MAHASISWA D3 MANAJEMEN INFORMATIKA UNESA

  • Samsul Huda . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat perangkat pembelajaran elektronika digital sebagai aplikasi robot cerdas, mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan menganalisis kelayakan perangkat pembelajaran elektronika digital sebagai aplikasi robot cerdas bagi mahasiswa D3 Manajemen Informatika Universitas Negeri Surabaya.

Penelitian ini dilaksanakan dengan pengembangan perangkat pembelajaran mengacu rancangan 4D model dari Thiagarajan (1974). Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Tahap pendefinisian meliputi analisis ujung depan, analisis mahasiswa, analisis konsep, analisis tugas dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap perancangan terdiri dari penyusunan tes, pemilihan media,  pemilihan format, dan perancangan awal (desain awal). Pada tahap pengembangan pada penelitian ini dilakukan dengan sosialisai perangkat pembelajaran dan jurnal online.

Hasil penelitian menunjukkan (1) skor rata-rata validasi modul sebesar 3,59 (baik); (2) skor rata-rata validasi trainer sebesar 4,46 (baik); (3) mahasiswa menunjukan respon positif terhadap pembelajaran yang ditunjukkan sebanyak 90% mahasiswa merasa senang dan termotivasi dengan pembelajaran menggunakan modul yang dilengkapi alat bantu pembelajaran (trainer) dan sebanyak 90% mahasiswa merasa mudah dalam memahami materi dengan menggunakan modul elektronika digital sebagai aplikasi robot cerdas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam perkuliahan rangkaian digital. Penerapan perangkat pembelajaran pada mata kuliah rangkaian digital pokok bahasan aplikasi rangkaian digital dalam kehidupan sehari – hari sesuai untuk kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: Rancang bangun, perangkat pembelajaran, elektronika digital, aplikasi, robot cerdas.

Abstract

This research aims to design and create a digital electronics learning devices as intelligent robotic applications, describing the response of students to develop learning devices and analyze the feasibility of digital electronics learning devices as intelligent robotic applications for students D3 Informatics Management , State University of Surabaya.

This research was carried out with the development of learning devices that refers to the design of 4D Models of Thiagarajan (1974). The fourth stage is the stage of defining (define), stage design (design), stage of development (develop), and the deployment phase (disseminate). Stage includes defining the front end analysis, analysis of student, concept analysis, task analysis and specification of learning objectives. The design phase consists of test preparation, media selection, the selection of the format, and the initial design (preliminary design). At this stage of development in the study conducted by socialization and learning tools and online journal.

Result of research showed (1) an average score of validation module is 3.59 (good); (2) an average score of trainer validation is 4.46 (good); (3) students showed a positive response to learning that indicated as many as 90% of students feel happy and motivated by using a learning module that is equipped with learning aids (trainer) and as much as 90% of students find it easy to understand the material by using a digital electronic module as intelligent robotic applications. Based on these results it can be concluded that the developed learning feasible for use in digital circuit classes. The application of the learning in the course of digital circuits subject of digital circuit applications in daily life - the day according to the learning activities.

Keywords: Design of, learning devices, digital electronics, application, intelligent robotics.

Author Biographies

Samsul Huda ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
., S., & ., M. (2014). RANCANG BANGUN PERANGKAT PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL SEBAGAI APLIKASI ROBOT CERDAS BAGI MAHASISWA D3 MANAJEMEN INFORMATIKA UNESA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 23