EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI EVERYCIRCUIT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Keterbatasan dalam penerapan teknologi pada pembelajaran berakibat pada kurangnya efektivitas serta rendahnya ketertarikan peserta didik terhadap proses belajar. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas aplikasi Everycircuit dalam meningkatkan proses belajar. Tujuan sekunder penelitian ini adalah untuk mengevaluasi hasil akhir dari dua kelompok guna menentukan keunggulan relatif antara dua media pembelajaran: satu menggunakan aplikasi Everycircuit dan yang lain menggunakan papan prototipe dan komponen listrik. Penelitian ini menggunakan metodologi quasi-eksperimental dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan penilaian hasil belajar. Studi ini menunjukkan bahwa aplikasi Everycircuit meningkatkan pemahaman dasar teknik listrik di kalangan siswa di kelompok X TITL di SMKN 1 Kediri. Analisis statistik menunjukkan bahwa semua tiga domain regulasi kognitif, psikomotorik, dan afektif memiliki nilai signifikansi di bawah 0,05. Hasil uji t untuk skor posttest di ketiga domain menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik dalam hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol, dengan tingkat signifikansi 0.000 (kurang dari 0.05). Studi N-Gain menunjukkan bahwa kedua kelompok, baik kontrol maupun eksperimen, mengalami peningkatan sebesar 0.55 dan 0.73 poin, masing-masing. Jadi, ketika kita melihat seberapa banyak kedua kelompok belajar, kelompok eksperimen lebih unggul. Secara umum, nilai siswa di kelas meningkat secara signifikan setelah mereka mulai menggunakan aplikasi Everycircuit untuk belajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

