APLIKASI PROTO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA ELEMEN KOMPONEN ELEKTRONIKA AKTIF DAN PASIF

Authors

  • Syahrul Dwi Arbiansa Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusismamto Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Syariffuddien Zuhrie Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap materi elektronika dasar yang bersifat abstrak dan membutuhkan pemahaman mendalam menjadikan latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan aplikasi Proto dengan aplikasi Everycircuit. Perbedaan diketahui dengan peningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi elemen komponen elektronika aktif dan pasif. Aplikasi Proto merupakan alat bantu pembelajaran interaktif berbasis simulasi prototipe yang memungkinkan peserta didik untuk mendesain, menguji, dan memvisualisasikan rangkaian elektronik secara langsung tanpa menggunakan perangkat keras fisik. Metode penelitian ini kuantitatif digunakan peneliti dengan desain penelitian Quasi pre-eksperimental berbentuk Two-Group Pretest-Posttest Design. Peserta didik kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Driyorejo digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen penelitian berupa soal tes berpikir kritis yang mengacu pada indikator kemampuan berpikir kritis. Penganalisisan data menggunakan Uji Independen Sample t-Test untuk mengetahui signifikansi perbedaan kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi Proto. Dianulir terdapat perbedaan hasil pengujian N-Gain yang dilakukan untuk mengetahui penigkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian diharapkan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran menggunakan aplikasi Proto. Perbedaan tersebut dapat diketahui pada peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dengan demikian, aplikasi Proto dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran elektronika di SMK, khususnya dalam membantu peserta didik dalam menganalisis, mengevaluasi, serta mengkreasikan komponen aktif dan pasif secara lebih konkret, interaktif, dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-27

How to Cite

Arbiansa, S. D., Rusismamto, P. W., Kholis, N., & Zuhrie, M. S. (2025). APLIKASI PROTO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA ELEMEN KOMPONEN ELEKTRONIKA AKTIF DAN PASIF. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 15(03), 151–156. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/68997
Abstract views: 6 , PDF Downloads: 0