PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERBAIKAN MOTOR AC 1 PHASA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMKN 7 SURABAYA
Abstract
Media pembelajaran yang interaktif dapat membantu peserta didik mengatasi kesulitan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis android yang membahas topik perbaikan motor AC satu fasa, dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 7 Surabaya. Penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama, yaitu: (1) validitas media, yang dinilai berdasarkan evaluasi ahli terhadap kualitas media dan isi materi; (2) kepraktisan media, yang diukur melalui respon peserta didik terhadap aspek perangkat lunak, isi materi, kualitas komunikasi, dan tampilan visual; serta (3) efektivitas media, yang dianalisis dari peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan media tersebut. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan pendekatan pengembangan menggunakan model ADDIE, yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan mencakup lembar validasi dari ahli materi dan media, angket respon siswa, serta tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh nilai validasi rata-rata sebesar 87,9% dari para ahli, yang menandakan bahwa media tersebut termasuk dalam kategori sangat valid. Sementara itu, berdasarkan angket yang diisi oleh peserta didik, tingkat kepraktisan media berada pada angka 82,39%, yang menunjukkan bahwa media tergolong praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Dari sisi efektivitas, analisis skor N-Gain yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest menunjukkan nilai sebesar 0,51, yang berada dalam kategori sedang (0,7 > gain > 0,3), sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini cukup efektif dalam meningkatkan capaian hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

