PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PLATFORM GENIALLY PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Keberhasilan pendidikan tidak lepas dari keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil wawancara bahwa proses pembelajaran di SMK Semen Gresik masih dominan menggunakan metode pembelajaran langsung dengan minimnya pengintegrasian media pembelajaran. Akibatnya, peserta didik sering kali menjadi pasif dalam proses pembelajaran, yang menyebabkan prestasi akademiknya kurang optimal. Untuk mengatasi masalah ini, fokus penelitian ini guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group, dengan partisipasi dua kelompok peserta didik yang karakteristik awal yang sama, meskipun pemilihan kelompok tidak sepenuhnya acak. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar untuk menilai domain kognitif, beserta lembar observasi untuk mengevaluasi domain afektif dan psikomotorik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL yang dibantu Genially secara signifikan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Uji t independen menghasilkan nilai signifikansi 0,000 untuk perbandingan hasil belajar secara keseluruhan, yang menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Bila dianalisis per domain, nilai signifikansi pada domain kognitif, afektif, dan psikomotor juga sebesar 0,000, sehingga terdapat perbedaan peningkatan ketiga aspek tersebut. Selanjutnya, analisis N-gain menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata sebesar 0,74 pada kelompok eksperimen yang termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan pada kelompok kontrol memperoleh N-gain rata-rata sebesar 0,56 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, model PBL berbantuan Genially terbukti efektif dan layak menjadi alternatif strategi pembelajaran di SMK Semen Gresik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

