PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PNEUMATIK BERBASIS E-MODUL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI PNEUMATIK
Abstract
Permasalahan kurangnya bahan ajar yang sesuai dengan kondisi pembelajaran lapangan, kerap menjadi hambatan dalam pembelajaran kejuruan di sekolah-sekolah menengah. Di SMK Negeri 5 Surabaya khususnya pada pembelajaran pneumatik, tidak tersedianya modul pembelajaran yang mendukung ketercapaian kompetensi siswa menjadi dasar perlunya upaya pengembangan media pembelajaran alternatif. Penelitian ini merancang sebuah e-modul interaktif sebagai upaya menjawab kebutuhan tersebut. Dalam penelitian penyusunan e-modul digunakan pendekatan Research and Development (RnD), dan dirancang untuk membantu memfasilitasi pembelajaran mandiri berbasis multimedia. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa modul ini memiliki tingkat kelayakan sebesar 85%. Evaluasi terhadap efektivitas e-modul dilaksanakan melalui dua tahapan, yakni uji coba skala terbatas dan uji coba skala kelas utuh. Berdasar pada hasil analisis, terdapat perbaikan yang signifikan pada ranah kognitif siswa setelah intervensi penggunaan e-modul dalam pembelajaran. Adanya perbaikan tersebut tercermin dari perbandingan rata-rata nilai posttest dan pretest pada kedua tahapan uji. Pada kelompok uji terbatas, rata-rata nilai posttest mencapai 87,00, meningkat dari rata-rata nilai pretest sebesar 65,50. Sementara itu, pada uji kelas penuh, rata-rata nilai posttest mencapai 85,97, lebih tinggi dibanding nilai pretest sebesar 62,10. Oleh karena itu, e-modul pembelajaran hasil pengembangan layak direkomendasikan menjadi salah satu solusi pembelajaran dibidang teknik instalasi pneumatik yang lebih relevan, efektif, dan adaptif terhadap kebutuhan siswa sekolah menengah yang sesuai dengan bidang kejuruan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

