PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN KEAKTIFAN MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN WEB QUIZIZZ
Abstract
Pendidikan membentuk sumber daya manusia unggul, namun pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan peserta didik masih banyak dijumpai. Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan teoretis, tetapi juga untuk membekali peserta didik dengan keterampilan praktis sesuai bidang keahlian masing-masing. Salah satu solusi untuk meningkatkan minat dan keaktifan belajar adalah penerapan metode teams games tournament (TGT) berbantuan web quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan minat belajar dan keaktifan peserta didik setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan web quizizz di kelas X TITL SMKN 7 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest using a nonequivalent dependent variable design. Teknik pengumpulan data memakai angket dan lembar pengamatan, analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji hipotesis, dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada uji n-gain minat belajar sebesar 0,22 nilai ini ada pada kriteria rendah dan kriteria sedang dengan nilai rata-rata sebesar 0,66 untuk keaktifan. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan paired sample t test memperoleh nilai sig. 0,000, maka disimpulkan H1 diterima. Hal ini menunjukkan penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) berbantuan web quizizz dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantuan web quizizz dapat diterapkan dalam meningkatkan keaktifan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

