PENGGUNAAN ESP32 CAMERA PEMANTAUAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini melihat efektivitas penggunaan ESP32 Camera sebagai sistem dan alat untuk memantau kegiatan pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika di SMK Negeri 2 Surabaya. Data dikumpulkan dan dihasilkan melalui pengamatan langsung (observasi naturalistik), analisis data sistem ESP32 Camera, dan respon yang telah diisi oleh peserta didik dan pengajar. Metode deskriptif evaluatif digunakan dalam penelitian ini sehingga menghasilkan bahwa pemantauan dengan menggunakan ESP32 Camera dapat meningkatkan motivasi, partisipasi, dan disiplin peserta didik. Sebagian besar peserta didik memberikan respon atau umpan balik yang positif terkait digunakannya sistem pemantauan ESP32 Camera dalam aktivitas pembelajaran mereka. Dengan kemampuan untuk memantau secara langsung aktivitas pembelajaran peserta didik, para pengajar juga merasakan manfaatnya. Namun ada beberapa masalah yang ditemukan dalam penelitian ini seperti kestabilan tayangan, akurasi deteksi, kesalahan dalam mendeteksi peserta didik, dan keterlambatan dalam pengiriman data dapat mengurangi keandalan sistem dalam bekerja, yang dapat mengurangi kepercayaan peserta didik dan pengajar selaku pengguna sistem pemantauan ESP32 Camera. Oleh karena itu, pengembangan algoritma deteksi yang lebih baik dan melakukan evaluasi terhadap perangkat baik lunak maupun keras yang digunakan sangat penting untuk dilakukan. Diharapkan penelitian ini akan memberikan kontribusi yang signifikan serta menjadi acuan bagi sekolah-sekolah untuk memanfaatkan teknologi dalam peningkatan kualitas pembelajaran di era digital.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

