PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENGOPERASIKAN SISTEM PENDALI ELEKTROMAGNETIK

  • Ahmad Rifqi . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Joko . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pengelolaan pembelajaran, bagaimana pengaruh terhadap hasil belajar, serta bagaimana aktivitas siswa dalam model PBM dengan dan tanpa menggunakan media interaktif  pada kompetensi mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, yang dilakukan di SMK Trisakti Pasuruan, pada siswa kelas XI  program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest-posttest untuk ranah kognitif siswa dan lembar-lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, keterampilan afektif dan psikomotor, serta aktivitas siswa. Analisis data pretest-posttest menggunakan uji-t, sedangkan lembar pengamatan dikonversikan dan ditafsirkan untuk selanjutnya diambil kesimpulan.

Dari data dan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil validasi media interaktif, materi dan soal sebesar 74,5%, 78,4% dan 77,4%. Hasil pengamatan aktifitas siswa kelas pertemuan pertama, kedua dan ketiga sebesar 66,7%, 77,1% dan 88,3% yang berarti jika di rata-rata dalam katagori baik. Dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen didapat rata-rata sebesar 82,77 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 74,97. Sedangkan perhitungan menggunakan uji t di dapat nilai thitung sebesar 5,40 dan untuk ttabel sebesar 2,00 Berdasarkan hasil uji t maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah menggunakan media interaktif hasil belajar siswa lebih tinggi dari pada model pembelajaran berdasarkan masalah yang tidak menggunakan media interaktif.

Kata kunci : Media Interaktif, Hasil Belajar, Aktivitas Guru dan Siswa.

 

 

Abstract

This research describes how learning management, how the effect on the results of the study, as well as how the activity students in the PBM models with and without the use of interactive media on the competence of electromagnetic control system operates.

 

This research uses experimental research methods, conducted at SMK Trisakti Pasuruan, in students of Class XI engineering program installation of electrical power. Engineering data collection using a pretest-posttest reserved for students and cognitive domain sheet-sheet learning management observations, psychomotor and affective skills, as well as student activities. Pretest-posttest data analysis using t-test, whereas the observation sheet converted and interpreted for the next drawn conclusions.

 

From the data and analysis of the results showed that the validation results, interactive media, material and questions of 74.5%, 78.4%, 77.4%. The observations of the first meeting of the class the student's activities, the second and third of 66.7%, 77.1% and 88.3% which means that if on the average in both categories. And student learning outcomes in the classroom experiments gained an average of 82.77 and average value of control class 74.97. While the calculations using the test value can t in thitung of 5.40 and t tabel of 2.00 based on test results of t then it can be inferred that the classes that use a learning model based on problem using interactive media student learning outcomes are higher than on a learning model based on issues that do not use interactive media.

Keywords: Interactive Media, the results of the study, the activity of the teacher and the students.

 

Author Biographies

Ahmad Rifqi ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Joko . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2013-05-01
How to Cite
., A., & ., J. (2013). PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENGOPERASIKAN SISTEM PENDALI ELEKTROMAGNETIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 9