PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI WHO WANTS TO BE SMART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR – DASAR ELEKTRONIKA KELAS X DI SMK NEGERI 1 BLITAR

  • AJI Anugrah ANUGRAH WIJAYA Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aktif dengan strategi who wants to be smart terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi dasar – dasar elektronika kelas X. Pembelajaran aktif dengan strategi who wants to be smart diharapkan siswa dapat belajar dengan aktif dan menyenangkan  serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Blitar secara optimal.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan nonequivalent control group design yang terdiri dari 1 kelas eksperimen yaitu kelas TAV 1 dan kelas kontrol yaitu kelas TAV 2. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka pada penelitian ini menggunakan teknik analisis menggunakan uji-t.

Dari data hasil belajar siswa diperoleh thitung sebesar 2,27 dan ttabel sebesar 1,9. ini berarti thitung > ttabel, ini berarti bahwa pengaruh  pembelajaran aktif dengan strategi who wants to be smart dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran aktif dengan strategi who wants to be smart dan pembelajaran konvensional pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika siswa kelas X.TAV di SMK Negeri 1 Blitar. Untuk perbandingan hasil belajar antara pembelajaran aktif dengan strategi who wants to be smart dan pembelajaran konvensional diperoleh thitung sebesar 2,27 dan ttabel sebesar 1,67 sehingga thitung >ttabel, ini berarti pembelajaran aktif dengan strategi who wants to be smart lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci : pembelajaran konvensional, pembelajaran aktif, hasil belajar, strategi who wants to be smart

 

Abstract

This study aimed to determine the effect of active learning strategy who wants to be smart on student learning outcomes in standards competence basic electronics for class X. Using strategies who wants to be smart students are expected to learn actively, fun and can improve student learning outcomes of Audio Video Engineering student in State Vocational high School1 Blitar optimally.

This research is a experimental study using nonequivalent control group design consists of one class of experiments, TAV 1 and control class that TAV 2 in grade X. To obtain the data which is needed, this study use analysis technique by t-test.

The student learning outcomes data obtained that tcalc 2,27 and ttabel 1,9. It means tcalc > ttable, and the active learning strategies who wants to be smart are able to improve student learning outcomes and there are differences in learning outcomes between active learning strategies who wants to be smart and conventional learning in the standard competence applying the basic of electronics grade X TAV at State Vocational High School 1 Blitar. For comparisons of learning outcomes between active learning strategies who wants to be smart and conventional learning is obtained tcalc 2,27 and ttabel 1,67, so tcalc> ttable, it means that active learning strategies who wants to be smart is better than the conventional learning.

Keywords: conventional learning, active learning, learning outcomes, strategies who wants to be smart.

Author Biography

AJI Anugrah ANUGRAH WIJAYA, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
ANUGRAH WIJAYA, A. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI WHO WANTS TO BE SMART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR – DASAR ELEKTRONIKA KELAS X DI SMK NEGERI 1 BLITAR. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 23