PENGEMBANGAN E-PORTFOLIO SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN SISWA DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

  • Fety Rosyida Nurhayati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu instrumen penilaian siswa berbentuk e-Portfolio. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan, validitas item, reliabilitas serta respon siswa terhadap penugasan e-Portfolio pada standar kompetensi mengukur besaran-besaran listrik dalam rangkaian elektronika.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 4-D (four D models). Terdapat tiga penugasan yang dikembangkan oleh peneliti, kemudian diujicobakan kepada 36 siswa kelas X TEI SMK Negeri 2 Lamongan.

Penugasan e-Portfolio yang dikembangkan memenuhi syarat valid dengan rata-rata persentase sebesar 90,91%. Pada penugasan pertama dan kedua termasuk dalam kategori valid, sedangkan untuk penugasan ketiga terdapat 3 soal yang memiliki validitas rendah. Hasil pengujian reliabilitas ketiga penugasan secara berturut-turut adalah sebagai berikut 0,908, 0,918 dan 0,831 yang menunjukkan reliabilitas sangat tinggi. Respon baik diberikan oleh siswa, terlihat dari perolehan presentase sebesar 80,39%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penugasan e-portfolio yang dikembangkan  memenuhi syarat valid dan reliabel, serta efektif untuk digunakan sebagai instrumen penilaian.

Kata kunci: instrumen penilaian, e-Portfolio, validitas item, reliabilitas

Abstract

This research aims to develop assessment instruments of student on e-Portfolio. This research to find out validation, item validity, and reliability from assigntment of e-Portfolio on standard of competence measure electrical scale in electronic circuit.

The methodology that use in this research is 4-D method.There are three assigntment that developed by researcher, then tryout to 36 students of X Industrial Electronics Technique SMKN 2 Lamongan.

Assigntment of e-Portfolio has been up to standard of validity, with mean percentage of equal to 90,91%. On first and second assigntment include to valid category, while the third assigntment get 3 question that have low validity. the test of reliability alpha point successively is 0,908, 0,918 and 0,831 expressed thet have high reliability. Good respon given by student to assigntment of e-Portfolio with acquirement percentage equal to 80,39%. From the result, can conclude that the assigntment of the developed e-portfolio has been up to standard of validity and reliability, and effective to used as assessment instrument.

Keywords: assessment instrument, e-Portfolio, item validity, reliability

Author Biographies

Fety Rosyida Nurhayati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
Nurhayati, F., & Sumbawati, M. (2014). PENGEMBANGAN E-PORTFOLIO SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN SISWA DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 397