PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI KUIS TIM UNTUK SISWA DI SMK NEGERI 1 BENDO MAGETAN

  • Ady Krisna Binangkit Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Agus Budi Santosa Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah  menghasilkan perangkat pembelajaran aktif dengan strategi kuis tim yang layak dan mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran aktif dengan strategi kuis tim yang diajarkan pada standar kompetensi teknik elektronika dasar pada bab komponen resistor, kapasitor, inductor, dioda, dan transistor.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan 4-D (Four D-Model) yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian yang disajikan ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran aktif dengan strategi kuis tim yang menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran dan diujicobakan pada siswa Kelas XAV2 SMK Negeri 1 Bendo Magetan pada standar kompetensi teknik elektronika dasar. Rancangan dalam ujicoba perangkat pembelajaran menggunakan one shot case study design.

Temuan hasil penelitian yakni perangkat pembelajaran berkategori sangat valid dengan nilai rata-rata hasil rating pada validasi rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 86,32%, lebih lanjut bahan ajar yang dikembangan berkategori sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan nilai rata-rata hasil rating sebesar 86,04%. Persentase ketuntasan klasikal belajar siswa pada aspek kognitif dan psikomotor Ketuntasan Minimum (S yang diajarkan dengan menerapkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan sebesar 94,2%. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori baik atau terlaksana sesuai dengan rencana yang telah disusun di dalam perangkat pembelajaran.

 

Kata kunci: Perangkat pembelajaran aktif, Strategi Kuis Tim

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to develop active learning tools using quiz team strategies. Furthermore, this research will also produce active learning tools using quiz team strategies which have a good quality and describe feasibility study in teknik elektronika dasar subjects on a component material i.e. resistor, capacitor, diode, and transistor.

This research was conducted using 4-D (Four D-Model) which consist of four phase. There phase are define, design, develop, and disseminate. This study presented an active learning tools development using quiz team strategies which produced two learning tools. Furthermore, testing of the learning tools on 40 students Class X AV 2 SMK Negeri 1 Bendo Magetan. The design of the learning tools trial using the one shot case study.

The research finding results in the learning tools validation results showed that well-categorized with percentage 86,32%. Furthermore, teaching materials validation results showed that well-categorized with percentage 86,04%. Classical completeness of cognitive and psychomotor reached 94,2%. Finally, feasibility study results showed that well-categorized or learning process in this research accordance to the lesson plan.

Keywords: Active learning instrument, Quiz Team Strategies

Author Biographies

Ady Krisna Binangkit, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Agus Budi Santosa, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
Binangkit, A., & Santosa, A. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI KUIS TIM UNTUK SISWA DI SMK NEGERI 1 BENDO MAGETAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 44