PEMBUATAN LKS YANG MENGACU PADA RAP-TRAINER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DI SMK SUNAN DRAJAT LAMONGAN

  • Oky Agus Koreawan Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Jusuf Austerawan Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Pembelajaran menggunakan LKS merupakan proses pembelajaran yang berfokuskan pada penguasaan materi dan praktikum. Pada kegiatan pembelajaran LKS mempermudah siswa dalam mengoperasikan trainer karena terdapat langkah-langkahnya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk berupa LKS yang mengacu pada RAP-Trainer pada Standar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika di SMK Sunan Drajat Lamongan. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada saat proses pembelajaran menggunakan LKS. Hasil dari penelitian ini adalah berupa produk LKS yang mengacu pada RAP-Triner elektronika dasar di SMK Sunan Drajat Lamongan dengan pokok bahasan komponen elektronika aktif dan pasif.

Penelitian ini menggunakan model 4D: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tetapi untuk penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena terlalu sulit dan membutuhkan waktu. Dengan subjek penelitian siswa kelas X TEI SMK Sunan Drajat Lamongan.

Dari hasil produk LKS yang mengacu pada RAP-Trainer oleh para ahli didapatkan bahwa secara keseluruhan produk LKS telah memenuhi unsur-unsur kelayakan yang meliputi criteria (1) Kesesuaian produk dengan kurikulum, (2) Tampilan dan kualitas produk, (3) Penulisan dan bahasa dengan rata-rata hasil rating 89,17%. Sedangkan presentase ketuntasan belajar siswa mendapat 88%. Dari hasil di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa LKS yang mengacu pada RAP-Trainer elektonika dasar pada Standar Kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika telah memenuhi syarat dan layak digunakan sebagai alat bantu guru dalam proses pembelajaran khususnya praktik dan ketuntasan hasil belajar siswa dapat tercapai dengan baik.

Kata Kunci: LKS yang mengacu pada RAP-Trainer, pembelajaran yang berfokuskan pada penguasaan materi dan praktikum, 4D (define, design, develop, disseminate).

Abstract

Instruction by using work sheet is a learning process focused on material mastering and practice. In learning activity, work sheet ease student to operate the trainer because there are found manual step by step. This research aims to made product in form of work sheet considered to RAP-Trainer on standard competence of applying basics electronic in SMK Sunan Drajat Lamongan. Besides that, this research aims to know the completeness of student learning achievement along learning process using work sheet. Result of this research in form of work sheet product that considered to RAP-Trainer basics electronic in SMK Sunan Drajat Lamongan on main topic of active and passive electronic components.

This research using 4D model: Defines, Design, Develop, and Disseminate. Disseminate was not performed because it too difficult and required more time. Subject of this research were students of classroom X TEI SMK Sunan Drajat Lamongan.

Result of work sheet product considered to RAP-Trainer from experts obtained that work sheet was meets properness aspects including (1) corresponding product to the curriculum, (2) presentation and quality of product, (3) language and writing with rating mean 89.17%. The completeness percentage of student learning achievement was 88%. From above result could be concluded that work sheet considered to basics electronic RAP-Trainer on standard competence of applying basics electronic was meets the requirement and appropriate to be used as tools by teacher in learning process especially for practice and the completeness of students learning achievement was good reached.

Keywords: work sheet considered to RAP-Trainer, learning focused to material mastering and practice, 4D (define, Design, Develop, Disseminate)

Author Biographies

Oky Agus Koreawan, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jusuf Austerawan Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
Koreawan, O., & Pramukantoro, J. (2014). PEMBUATAN LKS YANG MENGACU PADA RAP-TRAINER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DI SMK SUNAN DRAJAT LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 23