PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN PENGALAMANBERBASIS INKURITERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA STANDAR KOMPETENSIMELAKUKANINSTALASI SOUND SYSTEM TAV DI SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

  • Vega Andi Budiman Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Jusuf Austerawan Pramukantoro Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layak tidaknya dalammenerapkan model pembelajaranExperiential Learning Berbasis Inkuiri dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Sasaran penelitian yaitu siswa kelas X TAV 1 (eksperimen) dan X TAV 2 (kontrol) di SMK Muhammadiyah tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian Quasi Nonequivalent Control Group Design.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase. Tahap pertama diadakannya pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa tahap kedua melakukan proses pembelajaran dengan  menggunakan model pembelajaran  Experiential Learning berbasis Inkuiridan tahap terakhir diadakan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti memiliki persentase rata-rata sebesar 74,49% dari hasil validasi oleh para ahli. (2)Hasil belajar menunjukkan bahwa sebagian besar nilai siswa dapat dicapai dengan baik. Diketahui bahwa ttestsebesar 3,63dan ttabel sebesar 2,00. Sedangkan dari nilai rata-rata yang di dapat kelas eksperimen lebih baik dengan selisih 6,15 dari kelas control. Dengan rincian nilai rata – rata kelas eksperimen 73,2 dan nilai rata – rata kelas kontrol 67,05.

 

Kata kunci: Model PembelajaranExperiential Learning, inkuiri dan Hasil Belajar Siswa

Abstract

This research is purposed to find influence feasibility of application the learning model Experiential Learning with Inquiry based and to find the different of study result of students. The object of this research is students X TAV 1 (experiment) class and X TAV 2 (control) class at SMK Muhammadiyah with the academic year in 2012/2013. The type of  this research is experiment with research program Quasi Nonequivalent Control Group Design.

Data collection method of this research is from percentage study result of students which analyzed in a quantitative descriptive. Pre-test is used at first step to find the first student ability, the second step is doing learning process at learning model Experiential Learning with Inquiry based,and  the last step is made a post-test to find study result of students.

Research make the points that: (1) Instrument learning which developed by researcher has an average percentage 74,49% from result of validation by expert (2) The result of study show that the most student’s scores can be achieved nice. We get ttest3,6 and ttable 2,00. Whereas we get mean scores of  experiment class is better than control class with difference 6,15 from control class. The details are mean scores of experimental class is 73,2 and mean scores of control class is 67,05.

 

Keywords:The learning model of Experiential Learning, Inquiryand study resultof students.

Author Biographies

Vega Andi Budiman, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jusuf Austerawan Pramukantoro, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-01-01
How to Cite
Budiman, V., & Pramukantoro, J. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN PENGALAMANBERBASIS INKURITERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA STANDAR KOMPETENSIMELAKUKANINSTALASI SOUND SYSTEM TAV DI SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 61