PENGEMBANGAN MODUL AJAR TEORI MEDAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL YANG BERORIENTASI TEKNIK ELEKTRO

  • Achmad Imam Agung Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Kompleknya aplikasi ilmu teori medan dalam bidang Teknik Elektro menjadi bahan pertimbangan penting dalam penelitian ini karena mempunyai tujuan agar topik–topik serta bahan ajar yang disampaikan selama pembelajaran dapat memberikan kontribusi maksimum terhadap kesesuaian ilmu yang diperoleh dengan aplikasinya di lapangan dan meningkatkan mutu lulusan Jurusan Teknik Elektro UNESA. Berbagai hasil penelitihan tentang penerapan modul multimedia interaktif adalah (1) hasil penelitihan Ratna Suhartini (2004) tentang penerapan modul multimedia interaktif pembuatan pola dasar draping untuk siswa SMK tingkat III telah berhasil meningkatkan motivasi interaktif dan hasil belajar siswa  (2) menurut hasil penelitihan Juhra Singke (2004) tentang penerapan modul multimedia interaktif kontruksi pecah pola busana kombinasi untuk siswa SMK tingkat II mampu meningkatkan aktivitas siswa,  proses pembelajaran dan hasil akhir siswa.

Dengan adanya modul tersebut dapat digunakan oleh para pendidik dalam menyampaikan bahan ajar dengan praktis dan sebagai salah satu rujukan untuk mengajar mata kuliah Teori Medan. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan Modul Ajar Teori Medan menggunakan media interaktif yang berbasis pembelajaran kontekstual dengan mempertimbangkan tuntutan kebutuhan peserta didik terhadap kompetensi pemahaman ilmu Teori Medan beserta aplikasinya pada bidang Teknik Elektro.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (desseminate). Dari penelitian ini diperoleh bahan ajar berupa modul Teori Medan menggunakan media interaktif berbasis pembelajaran kontekstual yang sudah di validasi dan di ujicoba secara terbatas di Jurusan Teknik Elektro FT UNESA. Hasil penilaian kelayakan terhadap modul ajar Teori Medan menggunakan media interaktif berbasis pembelajaran kontekstual yang berorientasi Teknik Elektro yang dikembangkan adalah tinggi (3,36). Hal ini berarti modul ajar Teori Medan menggunakan media interaktif yang dikembangkan boleh dan layak diterapkan pada perkuliahan mata kuliah Teori Medan untuk meningkatkan kualitas lulusan jurusan Teknik Elektro FT UNESA.

 

Kata kunci: bahan ajar, modul, media interaktif, pembelajaran kontekstual.

Author Biography

Achmad Imam Agung, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-05-01
How to Cite
Agung, A. (2013). PENGEMBANGAN MODUL AJAR TEORI MEDAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL YANG BERORIENTASI TEKNIK ELEKTRO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 102