PENERAPAN STRATEGI BELAJAR QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DIGITAL KELAS X DI SMK SUNAN DRAJAT PACIRAN LAMONGAN

  • Adji Suwarsono . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi belajar question student have dengan strategi tanya jawab pada mata diklat dasar-dasar elektronika digital.

Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Nonequivalent Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah SMK Swasta Lamongan. Diambil sampel siswa kelas X TEI SMK Sunan Drajat Paciran Lamongan sebanyak 2 kelas, kelas X TEI 1 sebagai kelas eksperimen dan X TEI 2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest pada siswa yang menggunakan strategi belajar question student have lebih rendah sama dengan hasil belajar siswa dengan strategi belajar tanya jawab, dengan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 61,6 dan kelas kontrol 63,4. Dan hasil posttest menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan strategi belajar question student have lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi belajar tanya jawab, dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 86,16 dan kelas kontrol 77,8. Ini menunjukkan bahwa penerapan strategi belajar question student have lebih baik dibandingkan dengan strategi belajar tanya jawab.

Kata kunci :  strategi belajar question student have, strategi belajar tanya jawab, hasil belajar

Abstract

This study aims to find out the raising students study result using question student have strategy and debriefing strategy in the training of basic digital electronics.

Method of this study is quasi experiment with “nonequivalent control design” used as research design. The object of study is Private SMK Lamongan. The participants are 2 classes of X TEI SMK Sunan Drajat Paciran Lamongan students in which X TEI 1 as the experiment class and X TEI 2 as the control class. Meanwhile, to fine out the raising of the students study result is by using T-test data analysis technic.

The result of the study indicates that the pre-test results in student who uses question student have strategy are lower than result study by debriefing strategy, with mean value pre-test experiment class 61,6 and control class 63,4. In the other hand, the post-test results indicate that student who uses question student have strategy are higher than student who uses debriefing strategy, with mean value post-test experiment class 86,16 and control class 77,8. It indicates that the application of question student have strategy is better than debriefung strategy.

Keywords    : question student have strategy, debriefing strategy, students result study

Author Biographies

Adji Suwarsono ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
., A., & Asto B, I. G. (2014). PENERAPAN STRATEGI BELAJAR QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DIGITAL KELAS X DI SMK SUNAN DRAJAT PACIRAN LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 26