PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF DENGAN TEKNIK TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • JATI Widyo WIDYO LEKSONO Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Model pembelajaran konvesional memang sering digunakan di dunia pendidikan di Indonesia. Pada model pembelajaran konvensional, siswa kurang dituntut untuk menguasai materi secara aktif dan terpaku pada guru sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pada Penerapan Model Pembelajaran Integratif dengan Teknik Team Assited Individualization (TAI), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa dapat belajar secara aktif.

Populasi dan sampel yang digunakan adalah SMKN 2 Surabaya dengan kelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TAV 2 sebagai kelas kontrol. Dengan tiga prosedur penelitian yang digunakan meliputi (1) Tahap Persiapan, (2) Tahap Pelaksanaan, (3) Tahap Analisis Data. Perangkat pembelajaran yang dalam penelitian ini Silabus, RPP dan soal evaluasi hasil belajar siswa.

Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan pada model pembelajaran Integratif dengan teknik Team Assited Individualization (TAI)  dinyatakan baik dengan hasil rating validasi RPP 89,5 dan hasil rating validasi post test 89,66%. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 86,72 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 81,23. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran Integratif menggunakan teknik Team Assited Individualization (TAI)  mempunyai nilai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Integratif, Teknik Team Assited Individulization

 

Abstract

Conventional learning models are often used in education in Indonesia. In conventional learning model, students are less required to master the material actively and centered to the teacher so this effect  student learning outcomes. On the Application of Integrative Learning Model by The Team Assited Individualization Technique (TAI), is expected to improve student learning outcomes and their ability to learn actively.

Population and sample used was SMKN 2 Surabaya with class X TAV 1 as experimental class and class X TAV 2 as the control class. With 3 Phase Prosedure study used include (1) Preparation Phase, (2) Implementation Phase, (3) Data Analysis Phase. Learning instrumen in the this research: syllabus, lesson plans and evaluations about student learning outcomes.

Validation results show the learning device that used in integrative learning model by Team Assited Individualization Technique (TAI) expressed both by the results of the validation rating RPP 89.5 rating validation and post test results of 89.66%. Average student learning outcomes in the experimental class at 86.72 and the average value of 81.23 for the control class. Based on the results above, it can be concluded that the class using an integrative learning model using Team Assited Individualization Technique (TAI) has a value of better learning outcomes than class using conventional learning models.

 

Keywords: Integrative Learning Model, Team Assited Individualization Learning Technique

Author Biography

JATI Widyo WIDYO LEKSONO, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
WIDYO LEKSONO, J. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF DENGAN TEKNIK TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 32