PERBEDAAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE,SATISFACTION(ARCS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA KELAS X TITL DI SMKN 2 SURABAYA

  • ENVIR Setyadin SETYADIN jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil pengamatan yang masih ditemukan kendala-kendala selama pelaksanaan pembelajarandi kelas. Keaktifan siswa dan interaksi antara guru-siswa selama proses pembelajaran masih kurang sehingga dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa dan berdampak pada hasil belajar siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dengan konvensional pada Standar Kompetensi Memperbaiki Peralatan Rumah Tangga Listrik dan  (2) mengetahui perbedaan tingkat kepuasan siswa pada pembelajaran dengan model pembelajaran ARCS dengan konvensional.

Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental jenis Nonequivalent Control Group Design.Prosedur yangdilakukan  dengan pemberian pretest, pelaksanaan pembelajaran, pemberian posttest, dan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil validasi perangkat pembelajaran dinyatakan baik dengan persentasererata 87,05%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar siswa yang diperoleh melalui posttest pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran ARCS 79,78 dan 72,35 pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan  hasil uji-t dua pihak, diperoleh nilai thitung 4,546 > ttabel 1,99, artinya ada perbedaan signifikan reratanilai posttest antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.Persentase rerata tingkat kepuasan siswa pada pembelajaran ARCS88,35% dan 72,87% pada pembelajaran konvensional. Dari hasil uji-t dua pihakdiperoleh thitung 14,517 > ttabel 2,086, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan tingkat kepuasan siswa padamodel pembelajaran ARCSdan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Hasil belajar, ARCS, konvensional, dan kepuasan siswa.

 

Abstract

This research was conducted based on the classroom observation wich are found obstacles during the implementation of learning. Activity of students during the learning process is less visible and the little interaction between teachers and students can be affect student motivation that impact on student learning outcomes. This research was aimed to find out: (1) The difference between student learning outcomes using the ARCS learning model and conventional learning in competency standards of household electrical repair. (2) The satisfaction of student learning using the ARCS model and conventional learning model.

The method used in this research is quasi experimental design type Nonequivalent Control Group Design, and the procedure is the provision pretest, the implementation of learning, giving posttest, result and conclusion. The result of the validation ARCS learning device is expressed either with an average percentage of 87,05%. The result of the posttest in the experimental class with ARCS learning obtained an average of 79,78 while the control class with conventional learning obtained an average of 72,35. From the result of the  t test two tails, the value of tcount = 4,546 > ttable = 1,99, it shows there are significant differences in the average value of posttest between experimental class and control.

The result of student satisfaction questionnaire about ARCS learning model obtained an average percentage of 88,35% and to 72,87% for conventional learning. From the result of the t test two tails, the value tcount = 14,517 > ttable = 2,086, it can be concluded that there are significant differences in the level of satisfaction of towards ARCS learning model and conventional.

 

Keywords: Learning outcomes, ARCS, conventional, andstudent satisfaction.

Author Biography

ENVIR Setyadin SETYADIN, jurusan Teknik Elektro FT Unesa
jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
SETYADIN, E. (2013). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE,SATISFACTION(ARCS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA KELAS X TITL DI SMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 52