PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR DASAR TEKNIK DIGITAL KELAS X DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

  • Ade Yudha Prastyo Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada standar kompetensi menerapkan dasar dasar teknik digital.

Metode penelitian yang digunakan adalah pre experiment dengan rancangan “posttest-only control design”. Desain ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada dua kelas ini hanya diberikan posttest untuk mengetahui hasil belajar setelah diberikan perlakuan. Analisis hasil belajar, peneliti menggunakan uji-t untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis nilai posttest dengan uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. (2) Berdasarkan analisis nilai posttest dengan uji-t satu pihak diperoleh thitung = 3,797 > ttabel = 1,67 (α = 0,05) dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 85,94 dan kelas kontrol 80,61 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. (3) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah secara keseluruhan dengan rata-rata 83,01% dan termasuk kriteria respon sangat baik.

Kata kunci: model pembelajaran berdasarkan masalah, model pembelajaran langsung, dan hasil belajar siswa.

Abstract

This study aims to determine differences of student learning outcomes after the implementation of the problem-based learning with the student using direct learning on basis of competency standars appliying digital techniques.

The study method used Pre-Experimental with “Posttest-Only Control Design”. These design are experimental class and control class. These two classes are only given a posttest to determine learning after a given treatment. analysis of learning outcomes, researchers used t-test to determine the student learning outcomes.

The results was : (1) Based on the results of the scores analysis posttest with test for normality an homogeniety obtained that two classes are normally distributed and homogeneous. (2) Based on the analysis of the posttest with a t-test of analysis obtained thitung = 3,797 > ttabel = 1,67 (α = 0,05) with the average value of posttest experimental class is 85,94 and control class is 80,61 indicates that is student learning outcomes using direct learning. (3) Students responses to the application of problem based learning as a whole is positive with an average of 83,01% and includes a very good response criteria.

Keywords: problem based learning, direct learning, and student learning outcomes.

Author Biographies

Ade Yudha Prastyo, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
Prastyo, A., & ., L. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR DASAR TEKNIK DIGITAL KELAS X DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 18