PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN STRATEGI ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan MPL dengan strategi ARIAS dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah; (2) untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan MPL menggunakan strategi ARIAS; (3) untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran MPL menggunakan strategi ARIAS; dan (4) untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran MPL menggunakan strategi ARIAS. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Sidoarjo. Metode penelitian Pre-Test&Post-Test Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TIPTL 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TIPTL 1 sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji-t terhadap hasil belajar pada ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar ranah kognitif siswa dengan rata-rata 84 yang dibelajarkan menggunakan MPL dengan strategi ARIAS dan rata-rata 78,94 yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, terdapat perbedaan signifikan kinerja afektif siswa yang dibelajarkan menggunakan MPL dengan strategi ARIAS dengan rata-rata 77,92 dan rata-rata 60,52 yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, terdapat perbedaan signifikan kinerja psikomotor siswa yang dibelajarkan menggunakan MPL dengan strategi ARIAS dengan rata-rata 78,83 dan rata-rata 71,82 yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah; (2) keterlaksanaan penerapan MPL dengan strategi ARIAS berjalan baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,30; (3) aktivitas siswa yang sering dilakukan siswa yaitu adanya interaksi dan komunikasi optimal antara guru dan siswa dengan rata-rata 20,04%; dan (4) respons siswa terhadap penerapan MPL dengan strategi ARIAS mendapatkan respons positif dengan persentase respons siswa sebesar 83,03%.
Kata kunci: strategi pembelajaran ARIAS, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, respons siswa, ranah kognitif, afektif, dan psikomotor
Abstract
This research aims: (1) to know student learning achievement which learned using MPL with ARIAS strategy compared with student learning achievement which learned using conventional instruction model with speech method; (2) to know realization of the implementation MPL using ARIAS strategy; (3) to know student activity along learning process of MPL using ARIAS strategy; and (4) to know student response on MPL instruction using ARIAS strategy. Research was conducted at SMKN 1 Sidoarjo. Research method was Pre-test & Post-test Control Group Design. Subject of this research were students of classroom X TIPTL 2 as experiment group and classroom X TIPTL 1 as control group. Based t-test result on learning achievement at domains of cognitive, affective, and psychomotor, it shows that: (1) there was significant difference of cognitive learning achievement with mean 84 for learned using MPL with ARIAS strategy and mean 78.94 for learned using conventional instruction with speech method. There was significant difference of student affective performance learned using MPL with ARIAS strategy with mean 77.92 and mean 60.52 for learned using conventional instruction with speech method. There was significant difference of student psychomotor performance learned using MPL with ARIAS strategy with mean 78.83 and mean 71.82 for learned using conventional instruction with speech method. (2) Realization of the implementation MPL with ARIAS strategy was proceed good with mean score 3.30. (3) Student activity often performed by student was optimal interaction and communication among teacher and students with mean 20.04%; and (4) student response on the implementation of MPL with ARIAS strategy obtained positive response with percentage 83.03%.
Keywords: instruction model, ARIAS learning strategy, learning realization, student activity, student response, cognitive, affective, psychomotor domain.
PDF Downloads: 114