PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF STRATEGI PEER LESSON TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA YANG MEMPUNYAI KEMAMPUAN AWAL BERBEDA PADA KOMPETENSI KEJURUAN MELAKUKAN INSTALL SISTEM AUDIO VIDEO CCTV DI KELAS XII-TAV SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • Dedy Sucahyono . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Nur Kholis . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran aktif tipe peer lesson dengan model pembelajaran konvensional  pada siswa yang memiliki kemampuan dasar tinggi dan rendah di kelas XII TAV pada  standar kompetensi melakukan install sistem audio video CCTV. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen  yang terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu kelas XI TAV 1 dan satu kelas kontrol yaitu kelas XI TAV 2. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, digunakan beberapa teknik pengumpulan data yang meliputi tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji ANAVA satu jalur karena terdapat lebih dari dua populasi.

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Surabaya. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 65 orang, yaitu pada kelas XI TAV 1 terdiri dari 31 siswa dan kelas XI TAV 2 terdiri dari 34 siswa. metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan Analisis data menggunakan uji ANAVA.

Analisis data menggunakan uji ANAVA diperoleh nilai Fhitung sebesar  pada taraf signifikan dan diperoleh Ftabel sebesar 2,76,  maka Fhitung > Ftabel, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe peer lesson dan model pembelajaran konvensional pada siswa yang mempunyai kemampuan dasar berbeda, dengan nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen = 87 dan 82,41 dan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol = 80,9 dan 77,67. maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe peer lesson lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: Metode pembelajaran aktif tipe peer lesson, Hasil belajar, respon siswa.

Abstract

This study aims to determine the differences in learning outcomes between the active type peer learning model lesson with conventional learning model on students with high and low basic skills in class XII TAV on competency standards do install CCTV video audio system . This type of research is an experimental study consisting of one experimental class is class XI TAV 1 and a control class that is class XI TAV 2 . To obtain the necessary data in the study , used several data collection techniques that include tests and questionnaires . Analysis using ANOVA test one lane because there are more than two populations .

The research was conducted at SMK Negeri 5 Surabaya . Sampling totaled 65 people , namely the class XI TAV 1 consisted of 31 students of class XI and TAV 2 consisted of 34 students . The research method used is a quantitative method, the analysis of the data using ANOVA test

Analysis of the data using ANOVA test values ​​obtained Fcount 39.06 at significant level and obtain Ftable 2.76 , then Fhitung > F , so it can be concluded there is a difference between learning outcomes of students who use active type peer learning model and conventional learning model lesson on students who have different basic skills , with an average value of post-test experimental graders = 87 and 82.41 and the average post-test on the control class = 80.9 and 77.67 . it can be said that the learning outcomes of students who use active type peer learning model lesson better than the learning outcomes of students who use conventional learning models .

 

Key words: Method of active type peer learning lesson , learning outcomes, student responses.


 

Author Biographies

Dedy Sucahyono ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Nur Kholis ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
., D., & ., N. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF STRATEGI PEER LESSON TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA YANG MEMPUNYAI KEMAMPUAN AWAL BERBEDA PADA KOMPETENSI KEJURUAN MELAKUKAN INSTALL SISTEM AUDIO VIDEO CCTV DI KELAS XII-TAV SMK NEGERI 5 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 37