PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Ashar Cahya Purnama Jurusan Teknik Elektro FT unEsa
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT unEsa

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) dan Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran teknik elektronika dasar di kelas X.

Metode yang digunakan adalah quazi eksperimental design dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Non Equivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 7 Surabaya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X tahun pelajaran 2013/2014, untuk kelas eksperimen adalah kelas X AV 1 dan untuk kelas control adalah kelas X AV 2. Analisis data menggunakan  teknik analisis data uji-t.

Hasil belajar siswa berdasarkan nilai akhir yang terdiri dari selisih nilai Pre test - Post test dan nilai Psikomotor (Lembar Pengamatan) dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas, berdasarkan analisis tersebut didapatkan semua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis uji-t yaitu hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) dengan rata-rata 62,56 lebih baik dibanding dengan nilai akhir yang terdiri dari selisih nilai Pre test - Post test dan nilai Psikomotor (Lembar Pengamatan) menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan rata-rata 56,99.

 

Kata kunci    : Pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI), Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD), Hasil belajar Siswa.

Abstract

This research aims to know the difference between the results of learning using learning model cooperative type Teams Assisted Individualization (TAI) and the type of Student Teams Achievement Divisions (STAD) in basic electronics engineering subjects in class X.

The method used is the experimental design with quazi the research design used, “Non Equivalent Control Group Design”. The population in this research is the entire class X student Engineering Program Audio Video SMK Negeri Surabaya 7. Samples of research this is a student class X 2013/2014, for the experiment class was a class of X AV 1 and for class is a class of control X AV 2. For data analysis is used analysis technique t-test.

Student learning outcomes based on the final value of the difference in value of Pre test – Post test and values of Psychomotor (Observation Sheets) analyzed with its homogeneity and normality test, based on the analysis of the obtained all normal and homogeneous classes. T-test analysis results the final value that consists of the difference between the value of Pre test – Post test and values of Psychomotor (Observation Sheet) using cooperative learning Teams model Assisted Individualization (TAI) with an average of 62,56 better than the final value that consists of the difference between the value of Pre test – Post test and values of Psychomotor (Observation Sheet) using cooperative learning model of Student Teams Achievement Divisions (STAD) with an average of 56.99.

 

Keyword    : Cooperative Learning Teams Assisted Individualization (TAI),  Student Teams Achievement Divisions (STAD),  Student Learning Outcomes.

Author Biographies

Ashar Cahya Purnama, Jurusan Teknik Elektro FT unEsa
Jurusan Teknik Elektro FT unEsa
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT unEsa
Jurusan Teknik Elektro FT unEsa
Published
2014-05-01
How to Cite
Purnama, A., & Sumbawati, M. (2014). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 38