STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BUZZ GROUP DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

  • MOKHAMAD Nur NUR HADI Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Buzz Group (MPKBG) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung, dan (2) mengetahui perbedaan keterampilan sosial siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Buzz Group dengan keterampilan sosial siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung (MPL).

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan “Nonequivalen Control Design”. Subyek dalam penelitian siswa SMKN 2 Surabaya, kelas X TITL-1 sebagai kelas eksperimen dan X TITL-2 kelas kontrol. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa dianalisis menggunakan teknik analisis statistik uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan MPKBG dengan rata-rata 73,54 lebih tinggi atau berbeda secara signifikan pada taraf signifikansi 5% dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan MPL dengan rata-rata 70,16, dan (2) keterampilan sosial siswa yang dibelajarkan menggunakan MPKBG dengan rata-rata 71,97 lebih baik atau berbeda secara signifikan pada taraf signifikansi 5% dibandingkan kelas dibelajarkan  menggunakan MPL dengan rata-rata 69,82.

Kata kunci: Model pembelajaran,  kooperatif tipe Buzz Group, model pembelajaran langsung,

keterampilan sosial, hasil belajar.

 

 

ABSTRACT

This research aims to: (1) gain the information difference learning outcomes of students who are taught using cooperative learning models buzz group (MPKBG) compared with students who are taught using direct instruction model, and (2) gain the information difference social skills of students who are taught using cooperative learning models buzz group compared with students who are taught using direct instruction model (MPL).

The research method used a quasi experimental design with “nonequivalent control design”. This research subject is students SMKN 2 Surabaya, class X TITL-1 class experiments and class X TITL-2 grade control. While to know the differences in the results of their study and social skills of students used statistical analysis techniques t-test.

The results showed that: (1) learning outcomes of students in the class that uses MPKBG with an average 73,54 is higher or significantly different at the 5% significance level compared with students who are taught using MPL whit an average 70,16; and (2) social skill of students in the class that uses MPKBG whith an average 71,97 at the 5% significance level compared with students who are taught using MPL whit an average 69,82.

Keywords: Learning model, cooperative buzz group, model of direct instruction, student social skills, learning

outcomes

Author Biography

MOKHAMAD Nur NUR HADI, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
NUR HADI, M. (2013). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BUZZ GROUP DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 57