PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEDIA TRAINER DIGITAL WEIGHING SCALE PADA MATA KULIAH FISIKA 2

  • ASIF M.N. MIRSHA NAFTALI EDUARDO Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran yang berupa modul dan trainer. Media pembelajaran tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi khususnya pada Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, serta sebagai solusi dari keterbatasan peralatan pada saat praktikum Mata Kuliah Fisika 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D (Thiagarajan, Dorothy dan Melvyn: 1974), Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran yang berupa modul dan trainer digital weighing scale pada Mata Kuliah Fisika 2, kemudian menguji cobakan secara terbatas untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap perangkat pembelajaran tersebut. Hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam media trainer dinilai sangat baik dengan hasil 83%, sedangkan modul dinilai sangat baik dengan hasil sebesar 81,57%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam media trainer dinilai sangat baik dengan hasil 86,8%, sedangkan modul dinilai sangat baik dengan hasil sebesar 85,54%. Jadi perangkat pembelajaran media trainer digital weighing scale ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: Modul dan TrainerĀ  DigitalĀ  Weighing Scale, Fisika 2, Metode Penelitian 4-D

Abstract

This research resulted in the form of instructional media modules and trainer. Media learning aims to improve the quality of education in universities especially in the Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Surabaya, as well as solutions to practical limitations of the equipment at the time of Physics Lecture 2. The research method used in this study is a 4-D (Thiagarajan, Dorothy and Melvyn: 1974), this study develops learning tools in the form of modules and trainer digital weighing scale in Physics Lecture 2, then experimented with on a limited basis to study the response of students towards learning device tersebut.Hasil validation on all aspects of the media contained in the trainer rated excellent with 83% yield, while the module is rated excellent with the yield at 81.57%. Student responses on all aspects of the media contained in the trainer rated very well with the result of 86.8%, while the module is rated excellent with the yield at 85.54%. So learning the digital media trainer weighing scale can be used as a learning medium.

Keywords: Trainer Module and Digital Weighing Scale, Physics 2, 4-D Research Methods.


Author Biography

ASIF M.N. MIRSHA NAFTALI EDUARDO, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
MIRSHA NAFTALI EDUARDO, A. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEDIA TRAINER DIGITAL WEIGHING SCALE PADA MATA KULIAH FISIKA 2. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 29