PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) DENGAN TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

  • Putra Firaoke Maja Parinda Rizkillah Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) dengan kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran teknik elektronika dasar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT (Number Head Together), juga untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Kemudian kedua hasil belajar tersebut dibandingkan untuk memperoleh hasil belajar yang terbaik.

Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Control-Only Group Design, yang termasuk kategori eksperimen sebenarnya (True Experimental Design). Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT (Number Head Together), sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Kemudian dengan membandingkan kedua hasil belajar tersebut, diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hal itu dibuktikan dengan hasil uji-t diperoleh thitung = 6,427 dan ttabel = 1,66 sehingga dikatakan thitung > ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil analisis dapat disimpulkan model pembelajaran NHT (Number Head Together) ini dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran agar proses belajar mengajar lebih menarik sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif NHT (Number Head Together), Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar.

 

Abstract

This research aims to know the difference between the results of learning using learning model NHT (Number Head Together)   with type of Jigsaw cooperative on basic electronics engineering subjects. The study aims to determine how high the learning outcomes of students using cooperative learning model NHT (Number Head Together), also to find out how high the learning outcomes of students using cooperative learning model Jigsaw. Then both learning outcomes are compared to obtain the best learning results.

The method used to achieve that goal is an experimental research method. The study design used was posttest-only control group design, which includes the category of true experiment design. Class experiments using cooperative learning model NHT (Number Head Together), where as for the control class using Jigsaw cooperative learning model.

Then, by comparing both the results of the study, it is known that the cooperative learning model NHT (Number Head Together)   better than Jigsaw cooperative learning model. This was evidenced by the t-test results obtained t count = 6,427 and t table = 1.66 so it is said t count > t table with significance level α = 0.05. From the analysis it can be concluded learning model NHT (Number Head Together) can be used as an alternative in the learning process so that the learning process more interesting so as to increase students' interest in learning.

 

Keywords: Cooperative Learning Type NHT (Number Head Together), Cooperative Learning Type Jigsaw, Learning Outcomes.

Author Biographies

Putra Firaoke Maja Parinda Rizkillah, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
Parinda Rizkillah, P. F., & Sumbawati, M. (2014). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) DENGAN TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 24