PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK ARUS BOLAK-BALIK DI SMK NEGERI 1 CERME - GRESIK

  • Muhamad Yudi . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Munoto . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pemberian tugas dengan metode eksperimen pada pokok bahasan rangkaian listrik arus bolak-balik, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media interaktif dengan media handout pada pokok bahasan rangkaian listrik arus bolak-balik, serta untuk mengetahui interaksi antara metode pemberian tugas dan metode eksperimen dengan media interaktif dan media handout pada pokok bahasan rangkaian listrik arus bolak-balik.

Rancangan penelitian eksperimen ini terdiri dari empat kelas eksperimen. Dimana keempat kelas tersebut diberikan suatu penerapan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang berbeda. Sebelum diberikan suatu perlakuan, sampel terlebih diberikan uji awal (pretest) setelah itu diberikan beberapa perlakuan yang berbeda pada tiap kelompok eksperimen kemudian diberikan uji akhir (posttest) untuk mengetahui hasil belajar untuk masing-masing kelompok eksperimen. Tahapan yang terakhir adalah penyajian data, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dalam menggunakan metode pembelajaran sebesar 12,60 > Ftabel, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dalam menggunakan media pembelajaran sebesar 8,13 > Ftabel, dan terdapat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan media pembelajaran sebesar 22,58 > Ftabel.

Kata Kunci: metode pembelajaran, media pembelajaran, hasil belajar.

Abstract

This research to porpose for knowing difference of learning outcomes student using giving of duty method with experiment method at electrical circuit of alternating current, for knowing difference of learning outcomes student using interaktif media with handout media at electrical circuit of alternating current, and also to know interaction between giving of duty method and experiment method with interaktif media and handout media at electrical circuit of alternating.

The design of this eksperiment consist of four class eksperiment. Where four class giving at different of learning methods and different of learning media. Before given a treatment, sample is particularly given by pre-test after it given difference of treatments in each eksperiment group then given the post-test to determine the learning outcomes for each experiment group. Last step is presentation of data, data analysis, and compilation of research report.

The results show there are difference of learning outcomes is a signifikan in using of learning methods by 12,60 > Ftabel, there are difference of learning outcomes is a signifikan in using of learning media by 8,13 > Ftabel, and also to there are interaction of between using learning methods with learning media by 22,58 > Ftabel.

Keywords: learning methods, learning media, learning outcomes.

Author Biographies

Muhamad Yudi ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Munoto . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
., M., & ., M. (2014). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK ARUS BOLAK-BALIK DI SMK NEGERI 1 CERME - GRESIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 56